Pengaruh Tarif Iuran BPJS Rumah Sakit dan Willingness to Pay Terhadap Kelengkapan Peralatan dengan Kepuasan Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kendari

Andra Pratama Putra, Samsualam Samsualam, Arni Rizqiani Rusydi

Sari


Meningkatnya iuran memicu respon dari peserta JKN yang membayar iuran secara mandiri dalam kemampuan membayar secara rutin dan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Berdasarkan data RSUD Kendari menunjukkan angka kunjungan pasien berada dalam tren fluktuatif dan sporadis sejak isu kenaikan iuran dan diperburuk dengan isu sanksi pembatasan pelayanan publik bagi penunggak iuran. Penelitian ini bertujuan pengaruh kenaikan tarif iuran BPJS rumah sakit dan willingness to pay terhadap kelengkapan peralatan dengan kepuasan pelayanan di RSUD Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUD Kendari. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 365 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki tanggapan sesuai terhadap kenaikan tarif iuran BPJS (83%), puas terhadap pelayanan rumah sakit (97.0%), tidak bersedia terhadap komponen willingness to Pay (54.8%) dan sangat baik terhadap kelengkapan peralatan di RSUD Kendari (71,5%). Pada penelitian ini ditemukan bahwa kenaikan tarif iuran BPJS berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan peralatan rumah sakit (P<0.000) dan kelengkapan peralatan rumah sakit berpengaruh signifkan terhadap kepuasan pelayanan (P<0.000). Di sisi lain, tidak ditemukan adanya pengaruh signifikan antara kenaikan tarif iuran BPJS dengan kepuasan pelayanan (p=0.479), willingness to pay terhadap kepuasan pelayanan (p=0.529), dan willingness to pay terhadap kelengkapan peralatan (p=0.427). Kesimpulan didapatkan bahwa variabel kenaikan tarif iuran BPJS berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan peralatan dan kelengkapan peralatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan. Diharapkan data penelitian dapat digunakan sebagai dasar petimbangan dalam membentuk kebijakan pada instansi terkait demi meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pasien.

Kata Kunci: Kenaikan tarif iuran BPJS; willingness to pay; kelengkapan peralatan; rumah sakit; kepuasan pelayanan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ajeng Dian Puspita Dewi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kenaikan Iuran, Dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Peserta BPJS. In STIE YKPN.

Ameliah, W. R., Razak, A., & Rusydi, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Barana Kabupaten Jeneponto Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health, 4(4), 226–237. https://doi.org/10.33857/jns.v2i2.185

Andersen & Newman. (2017). Societal and Individual Determinants of Medical Care Utilization in the United States. Reprinted from The Milbank Quarterly, Vol 83 No.

Atriyani, R., Ahmad, L. O., & Harun, H. (2019). Faktor Yang Berhubungan dengan Kemauan Membayar (Willingness To Pay) Pasien Rawat Jalan Poli Interna RSUD Kota Kendari Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 1(2), 12–17. http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc

Budi Setiyono. (2018). Perlunya Revitalisasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik, Vol 9 No 2.

Desi Hanggono. (2017). Dampak Kenaikan Tarif Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Kota Malang. Jurnal Politik Muda, Vol 6 No 1.

Fatmala, S. (2019). Tingkat Kepuasan dan Willingness to Pay Pasien BPJS dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23445

Fauzi. (2017). Analisis pengaruh tingkat hunian pasien (BOR), anggaran biaya operasional dan rasio aktivitas terhadap kinerja keuangan berdasarkan kemampuan pendapatan PNBP menutupi biaya operasional badan layanan umum (BLU) rumah sakit. Jurnal Ilmiah Wahan Akunansi, Vol 12 No.

Hasibuan, R., Purnama, T. B., & Susanti, N. (2020). Respon Kenaikan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional dan Utilitas Puskesmas Oleh Peserta JKN di Medan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 09(04), 211–217. https://doi.org/10.22146/jkki.59237

Hatta Gemala. (2017). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Disarana Pelayanan Kesehatan. Universitas Indonesia (UI-Press).

Hildayanti, A. N., Batara, A. S., & Alwi, M. K. (2021). Determinan Ability To Pay dan Willingness To Pay Iuran Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Kecamatan Takabonerate (Studi Kasus di Kabupaten Kepulauan Selayar). Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 30–37. https://doi.org/10.56338/pjkm.v11i1.1515

Iin. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Puskesmas Paccerakang Kota Makassar. Unhas.

Ilmayanti, N. A., Rusydi, A. R., & Andayanie, E. (2022). Pemanfaatan pelayanan kesehatan poli interna di rsup dr. tadjuddin chalid kota makassar. WOPHJ, 3(6), 1079–1088.

Ilyas. (2016). Mengenal Asuransi Kesehatan. Review Utilisasi, Manajemen Klaim, dan Fraud (Kecurangan Asuransi Kesehatan). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Jayanti, T. A., Abdullah, H. M. T., Muchlis, N., & Amelia, A. R. (2021). Hubungan Determinan Perilaku terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Di Puskesmas. Prosiding Seminar Nasional SMIPT, 4(1), 347–370.

Kemenkes RI. (2013). Buku saku FAQ (Frequently Asked Questions)BPJS Kesehatan. Kemenkes RI.

Majid, J., & Saputra, R. E. (2020). Social Accounting; Tendensi Kemaslahatan Publik dibalik Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.74

Mayasari, E., Ahri, R. A., & Rusydi, A. R. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i1.1189JournalHomepage:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch

Nirwan. (2016). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar (Wilingness To Pay) Dan Kemampuan Membayar (Ability To Pay) Pasien Poli Umum Pada Rsud Kota Tangerang Selatan Dengan Metode Contingent Valuation). Jurnal Quality, Vol 6 No 2.

Permenkes RI No. 3 tahun 2020. (n.d.). Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Permenkes RI No. 5. (2018). Perubahan Ketiga Atas Peraturan menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Purnamawati. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Kebidanan oleh Pasien Antenatal di Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan Kita Tahun 2001-2002. Tesis Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia.

Rasarati, D. H. (2021). Dampak Kenaikan Tarif Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Kota Malang. Jurnal Politik Muda, 6(1), 1–13.

Retnaningsih. (2021). Permasalahan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Yang Memberatkan Masyarakat. Jurnal Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Vol 13 No.

Riandi, R. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018. In Skripsi. https://dspace.umkt.ac.id/bitstream/handle/463.2017/845/SKR RONAL RIANDI.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ronal. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wonorejo Samarinda. Universitas Muhammadiyah.

Saleh, M., & Satriani. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS Di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. Jurnal Media Kesehatan Gigi, 17(2), 56–62. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Sihaloho, E. N. (2015). Determinan Kemauan Membayar Iuran Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Semarang. In Jur. Kesmas, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id

Sudarman, S., Batara, A. S., & Haeruddin, H. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan dan Kemauan Membayar Iuran BPJS Peserta Mandiri di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat. Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 45–57. https://doi.org/10.56338/pjkm.v11i1.1517

Taufiq, M., Samsualam, & Batara, A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 3(1), 83–92. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i1.671JournalHomepage:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/about

Trisnantoro. (2019). Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Gajah Mada University Press.

Yanti, N. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud Andi Djemma Masamba. In Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.5211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics