Pengaruh Social M edia Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Perumahan Subsidi (Studi Empiris Pada PT. Sarana Bumi Sentosa di Kabupaten Bekasi)

Asral Asral, Sesri Sellina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari social media marketing terhadap keputusan pembelian dan pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian perumahan subsidi pada PT. Sarana Bumi Sentosa di Kabupaten Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pembeli perumahan subdisi PT. Sarana Bumi Sentosa di Kabupaten Bekasi. Dalam penelitian ini, sampel yang diperoleh sejumlah 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan memakai uji hipotesis uji t. Hasil pengujian membuktikan variabel social media marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian perumahan subsidi pada PT. Sarana Bumi Sentosa di Kabupaten Bekasi. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat bernilai 22,7 %, sedangkan sisanya 40,25 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


P. Kotler, Manajemen Pemasaran di Indonesia, 1st ed. Jakarta: Salemba Empat, 2002.

SIMANTU, “Kelangsungan Hidup Perusahaan Tersebut Sebagai Organisasi yang Berusaha Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Para Konsumen Sangat Tergantung pada Perilaku Konsumennya,” Sistem Manajemen Pengetahuan, 2019. https:// simantu.pu.go.id/ (accessed Jun. 30, 2023).

Rumah.com, Indonesia Property Market Index. Jakarta: Rumah.com, 2021.

Dirjen Pekerjaan Umum dan Perumahan, “Generasi Milenial dan Generasi Z, Banyak Memanfaatkan KPR Bersubsidi,” Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2021. https://pembiayaan.pu.go.id/news/detail/124/Generasi-Milenial-dan-Z-Banyak-Memanfaatkan-KPR-Bersubsidi (accessed Jun. 30, 2023).

A. Pakasi, “Industri Properti Indonesia: Review dan Outlook 2021 Siap Bangkit pada 2022,” vibiznews.com, 2022. https://www.vibiznews.com/2020/12/24/industri-pro perti-indonesia-review-dan-outlook-2021-siap-untuk-bangkit/ (accessed Jun. 30, 2023).

D. H. Jayani, “Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia,” Databoks, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia (accessed Jun. 30, 2023).

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 9th ed. Jakarta: Erlangga, 2016.

M. Kurniasari and A. Budiatmo, “Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 152–159, 2018, doi: 10.14710/jiab.2018.20968.

A. Manap, Revolusi Manajemen Pemasaran, 1st ed. Jakarta: Wacana Media, 2016.

V. R. Pelealu, S. Mandey, and S. Mandey, “Analisis Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Car Care Center (C3) Car Wash Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 144–153, 2016, doi: 10.35794/emba.4.2.2016.12543.

A. F. Wibowo and E. S. H. Riyadi, “Pengaruh Gaya Hidup, Prestise dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang),” in Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis, 2017, pp. 97–113.

B. P. Hartaroe, R. M. Mardani, and M. K. Abs, “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Kahatex,” Prodi Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 82–94, 2016.

M. M. Ali and A. Suciana, “The Influencee of Location, Price and Service Quality On A House Purchase Decision,” Int. J. Bus. Mark. Manag., vol. 4, no. 8, pp. 2456–4559, 2019.

W. Wahab, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru,” Al-Masraf J. Lemb. Keuang. Dan Perbank., vol. 2, no. 1, pp. 27–41, 2017, doi: 10.15548/al-masraf.v2i1.89.

D. Hardjowikarto and Y. Maulana, “The Influence of Social Media and Online Booking on Decision to Purchase Home Supplies,” in 1st International Conference on Accounting, Management and Entrepreneurship (ICAMER 2019), 2020, pp. 59–62. doi: 10.2991/aebmr.k.200305.015.

D. K. Putri, R. Agus, and M. F. AK, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Ib Subsidi Pada Bank Sumut Syariah Karya,” J. Bilal Bisnis Ekon. Halal, vol. 2, no. 2, pp. 131–139, 2021, doi: 10.51510/bilal.v2i2.458.

N. N. Sastirifa and I. Hasbi, “Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Saspphire Grup Purwokerto,” eProceedings Manag., vol. 9, no. 4, pp. 2299–2306, 2022.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5245

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics