Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pengguna Mobile Banking PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk

Abd Karim, Abd Samad, Sujatmiko Sujatmiko, Aulia Alwi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pengguna Mobile banking PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Unit Mattombong Pinrang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jenis pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Jumlah populasi 16.527 responden kemudian memakai rumus slovin untuk mendapatkan sampel yang diteliti sebanyak 99 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Outer Model dan Analisis Inner Model.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah; Loyalitas Nasabah.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adnyana, D. G. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6041.

Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 210–223.

Basri, A. I. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal Of Business And Management, 2(1), 1–18.

Budiarti, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah Di Surabaya. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 15(2), 210–231.

Darmawan, K. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Progress Conference, 1(1), 19–26.

Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1–13. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr

Hartono, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Toko Kalimas. Agora, 6(2).

Ishak, M. Z., & Azzahroh, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal Of Islamic Economics And Business), 3(1), 26. Https://Doi.Org/10.20473/Jebis.V3i1.3599

Kuntari, B. D., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel Pt Astra International Tbk–Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)| Vol, 36(1), 196–202.

Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. Https://Doi.Org/10.18196/Mb.9262

Risal, T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. Jmb (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1). Https://Doi.Org/10.30743/Magister.V1i1.1607

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Normal Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146–163.

Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan €“Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widyaamrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 216–232.

Zahara, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.36407/Jmsab.V3i1.121

Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics