Analisa Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan di Coffee Shop Lodji Londo Kabupaten Semarang.

Zayyan Husni Imawan, Aries Setiawan

Sari


Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah bisnis kopi. Kopi tidak hanya menjadi kebiasaan untuk menghilangkan rasa kantuk yang dialami, tetapi juga sebagai gaya hidup seseorang. Banyak toko, warung, dan cafe yang tampak seperti jamur. Kopi merupakan minuman universal dan disukai oleh semua kalangan. Banyak negara di dunia menyukai minuman kopi jenis ini karena sudah menjadi kebiasaan dan bagian dari kehidupan. Kopi merupakan salah satu bahan komersial terpenting di dunia dan melibatkan jaringan perdagangan antara negara berkembang dan negara maju dimana konsumen utamanya adalah warga negara negara maju tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi pemasaran Cafe “Lodji Londo” yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara langsung dengan pemilik cafe. Analisis SWOT digunakan dalam penelitian ini. Penggunaan analisis SWOT menyebabkan perusahaan kedai kopi mengetahui peluang dan kekuatan kemudian memanfaatkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang menggunakan analisis SWOT sangat baik.
Kata Kunci: Pemasaran, Analisis SWOT, Bauran Pemasaran.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adonis, M., & Silintowe, Y. (2021). DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Y. JURNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 118-138. https://doi.org/10.33747/capital.v3i1.80.

Aliyah, Z. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika pada CV Yudi Putra. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5361.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 12(1), 65-71, 10.31294/khi.v12i1.10132.

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020- 00733-3.

Mamahit, Brenda V. B., Mandey, Silvya L., & Jorie, Rotinsulu J. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA CV. CARITAS DEI NOBISCUM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING. Jurnal EMBA, 9(3), 892-901. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35062.

Maupa H., Kadir N., & Sulbiah. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 2679-2704.

Mudatsir. (2020). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA CAFE MR. YESS COFFEE DI KOTA BENTENG SELAYAR. (S-1 Thesis, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/18076/1/MUDATSIR%281693141018%29%20JURNAL-dikonversi.pdf.

Santoso, L. (2017). Etnografi Warung Kopi: Politik Identitas Cangkrukan di Kota Surabaya dan Sidoarjo (The Etnography of Coffee Shop: Identity Politics of Cangkrukan in the City of Surabaya and Sidoarjo). Mozaik, 17(1), 113-125.

Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatera Barat: INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Wintoko, R., & Marlena, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran pada UKM Rumah Kopi Temanggung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1160-1166. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1160-1166.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics