The Role of Customer Trust In Mediating The Effect of E-WOM and Product Quality on Purchasing Decisions at The Coffee Shop in Denpasar City
Sari
Kata kunci : E-Wom, Kualitas Produk, Kepercayaan Pelanggan, Keputusan Pembelian.
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Penerbit Andi. Yogyakarta.
Adhikari, N. S. (2018). Effectiveness of Advertising and Sales Promotion on Buying Decision of Smartphones in Kathmandu Valley. Journal of Business and Social Sciences Research, 1(2), 169. https://doi.org/10.3126/jbssr.v1i2.20923
Aditya Krisna (2021). Riset Populer Pemasaran Jilid 1. Bandung: Media Sains Indonesia).
Adriyati, Rosmaya. Indriani, Farida. 2021. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal Of Managemen. 06. 10
Agus, Somantri. 2020. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal I, 1(1), 2723-8709
Ali, Hapzi. (2020). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Hasta Cipta Mandiri.
Andrian, N. P. (2022). The Effect of Electronic Word of Mouth and Perceived Value on Purchase Intention. Enrichment: Journal of Management, 12(3), 2312–2321.
Ardiyanti, Y., Apriliani, R., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pembeli Kopi Bowongso di Kabupaten Wonosobo). Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syaria, 2(1), 1–9.
Anggi S, 2023. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchandise K-Pop Toko Online “Rionyx Shop” Di Instagram. Skripsi.
Ashari, A., & Tafiprios. (2021). Effect of Service Quality, Electronic Word of Mouth, Web Quality, and Trust in Consumer Purchasing Decisions (Study On Mataharimall.com). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(4), 665–674.
Asman, Nasir. 2020. Studi Kelayakan Bisnis, (Pendoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Astuti, M., & Nurhafifah, M. (2020), Manajemen Pemasaran UMKM Dan Digital Sosial Media, Edisi 1, Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.
Bafadhal, Aniesa Samira. (2018). Perencanaan Bisnis Pariwisata (pendekatan lean planning). Malang: UB Press.
Bancin, John Budiman. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Surabaya: CV. Jakad Media Publising.
Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA
Dede Solihin. (2020)., Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Mandiri, 4(1).
Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3784–3813.
Elly, H., Ayu, P. (2021). Peningkatan Skill Berwirausaha UMKM Tunjung Segara Melalui Penerapan Model Paticipatory Rural Appraisal (PRA). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2).
Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama. Qiara Media: Jawa timur.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 5.0 (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gruen, T. W., Osmonbekov, T., Czaplewski, A. J(2006). e-WOM: the impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research, 59(4), 449-456.
Gunawan, E. M., & Mamoto, J. E. M. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (E-Wom) And Brand Trust On Online Purchase Decisions Of Skincare Products In Lazada. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1218–1230.
Hair, J. F., Black. W. C., B. B. J., & A. R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Prentice Hall.
Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Di Instagram: Peran Trust Sebagai Variabel Mediator. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(3), 296–309.
Hasanah, U., Mahrus., & Gito, H. (2018). Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Educatio, 13(2), 84-89.
Ilhamalimy, R. R., & Ali, H. (2021). Model Perceived Risk and Trust: E-Wom and Purchase Intention (the Role of Trust Mediating in Online Shopping in Shopee Indonesia). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(2), 204–221.
Irdha, Y., & Widia, W, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 85-113.
Kotler & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler., Philip & Gary, A. (2016). Principles of Marketing (Edisi 13). United. States of America: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller. (2021). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.
Laelatul, Gunadi. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Pengguna Shopee Di Daerah Jakarta Timur. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(3).
Lukiyana, L., & Rosiva, R. (2022). The Influence of Electronic Word of Mouth (e-WOM) and Product Quality on Buyer Decisions of MSME Angkringan Moderated Trust. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 12939–12947. https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/5134
Made Tiya Yogi Suari. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Program Studi Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha.
Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2022). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Matua, 4(2), 375–386.
Maryati., & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio (Doctoral dissertateion, Prodi Manajemen). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 542 – 550.
Mertha, Respati. (2022). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Finns Vip Beach Club Canggu). E-Jurnal Manajemen, 11(3), 569-589. DOI:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p08
Mowen, Jhon C. (2011). Perilaku Konsumen. Edisi 2. Jakarta: Erlangga. pp. 90.
Muhammad, Rifki. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-WOM terhadap Customer Trust dan Dampaknya terhadap Repurchase Intention pada Pengguna Oyorooms. Skripsi. Jakarta.
Mukhsin, M. (2022). Trust Mediation in the Relationship Between Electronic Word of mouth and Buying Intention. The International Colloquium on Business and Economics (ICBE 2022), 1(1), 208–220. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-066-4
Muslimah, S., Hamid, R. S., & Aqsa, M. (2020). Analisis Dampak Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Perspektif Marketing MIX. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 137–150. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.306
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3(1), 1–20.
Nainggolan, Nana Triapnita. (2020). Perilaku Konsumen di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nency, S. & Ida, B. S. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan PembelianNo Title. In E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana (Vol. 8, Issue 6). Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I06.P18
Nur, D. S., & Octavia, A. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Marketplace Shopee Di Kota Jambi. Jurnal ManajemenTerapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(2), 387–399.
Noviandini, N. P. T., & Yasa, N. N. K. (2021). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 10(11), 1201–1220.
Pinaria, N. W. C., Sukaatmadja, I. P. G., & Setiawan, P. Y. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Nilai Terhadap Niat Beli Ulang Produk Hijau (Studi Pada Produk Kopi Merek Starbucks). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(2), 449–476.
Purba, F. R., & Paramita, E. L. (2021). The Influence of e-WOM and Customer Satisfaction on Purchasing Decisions. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 578. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i4.40447
Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Food Quality terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73-80.
Reza Jalilvand, M., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460–476. https://doi.org/10.1108/02634501211231946
Ridwan, Mochamad, Theresia Militina, dan Gusti Norlitaria Achmad. 2020. ―How Trust And Quality Of Information Affect Buying Interest And Purchasing Decisions? (Study On Shopee Customers In Samarinda). International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (IJEBAR), 4(01), 95–102.
Romadhoni, B., Akhmad, A., Naldah, N., Putu, N., & Rossanty, E. (2023). Purchasing Decisions Effect of Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Purchase Intention. Journal of Accounting and Finance Management, 4(1), 74–86.
Rosiana, Ulfa. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Kepercayaan (Trust) dan Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Situs Traveloka. ISSN 2252 – 7451 (Media Cetak) 2622-0946 (Media Online)
Rumasukun, M. R., Akbar, M. A., Kolinug, M. V., Ibrahim, M. B. H., & Idrus, A. (2022). Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek: Study Pada Samsung Experience Store Jayapura. Jurnal Ekonomika, 6(1), 81–88.
Rusmiati, N. N., & Purnami, A. A. S. (2022). The Influence of Threat Emotion, Brand Trust, and Electronic Word of Mouth on Online Fashion Product Purchase Decisions on the Zalora Site. International Journal of Management Studies and Social Science Research, 4(5), 58–65.
Sari, R. M. & Prihartono. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (survey pelanggan produk sprei rise). Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 5 (3), 1171-1184. 2541-5255.
Setiyana, Yusi., dan Suzy Widyasari. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Honda Vario (Studi Pada Dealer CM Jaya Kota Rembang). Prosiding SENDI_U 2019, 476-483.
Shidqi, H., Noor, Y. L., & Kirbrandoko. (2019). The Effect of Electronic Word of Mouth on Online Trust and Purchase Intention Among Millennials Generation on Instagram. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 85(1), 490–496. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-01.60
Simarmata, M. Y., Taufik, E., & Damarwulan, L. M. (2021). Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 5(1), 33–47.
Sinulingga, Sukaria. (2021). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Slamet., Caesavela A., & Dikky I. (2021). Why Costumers Have The Intention to Repurchase at Coffee Shops in Bogor? Explaining The Role of Social Media Marketing, Dining Atmosphere, and Relationship Marketing. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 18(3). DOI: http://dx.doi.org/10.17358/jma.18.3.252
Slamet, Prasetyo, B. P. W., & Azmala, I. (2022). The Impact of Electronic Word of Mouth and Brand Image on Online Purchase Decisions Moderated by Price Discount. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 139–148. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.2.1340
Sofyan F, Ningrum. (2023). Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi Kepercayaan (Studi pada Smartphone Xiaomi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Sains, 8(1), 499-510.
Solikhah, E. W., Fatmawati, I., Widowati, R., & Suyanto, M. (2022). The Effect E-Wom Website Attractiveness E-Trust and Innovation on Purchase Decision Online Sales. Journal of Distribution Science, 20(11), 61–69. https://doi.org/10.15722/jds.20.11.202211.61
Yogi, M. T., Ni, L. W. S. T., & Ni, N. Y. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 5(1)
Sugiyono, Setiawan, R., Carolina, V., Magdalena, N., & Kurniawan, A. (2019). Aplikasi SPSSuntuk Smart Riset (Program IBS SPSS 24.0). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sulthana, AN, & Vasantha, S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth e-WOM pada niat beli. Jurnal Internasional Riset Ilmiah & Teknologi, 8(10), 1–5.
Tafiprios. (2021). Effect of Service Quality, Electronic Word of Mouth, Web Quality, and Trust in Consumer Purchasing Decisions. International Journal of Innovative Science and Research Technology. 6(4).
Tanady, E. S., & Fuad. M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(1).
Taufiq, N., Layaman, & Navilah, I. (2022). Pengaruh Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Dalam Hubungan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Syariah Dan Ekonomi Islam, 1(1), 1–19.
Trisnawati, W., Wulandari, D., & Sudaryanto. (2022). The Effect of Product Quality, Trust, and Electronic Word of Mouth (E-Wom) on Purchase Intention and Purchase Decisions for Fashion Products on the Shopee Marketplace. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 24(9), 70–74. https://doi.org/10.9790/487X-2409027074
Wibowo, J. S., Pambudi, H. S., & Pratiwi N. I. (2021) Indonesia Energy Out Look. J. Chem. Inf. Model, 53(9), 1689–1699.
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.
Yuliantini, K. A., Astrama, I. M., & Premayani, N. W. W. (2021). Peran Trust Dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchasing Decision (Studi Pada Konsumen Restoran Keramas Aero Park di Gianyar). Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1268–1278.
Yulianto, M. R., & Soesanto, H. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada.co.id di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(3), 1–9. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/djom
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2(1), 472–481.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5656
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.