Pengaruh Budaya Sekolah Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Karakter Siswa Kelas V SD Manado Independent School

Linneke Silvana Novanda Bulu , Jeffry Sony Junus Lengkong , Elni Jeini Usoh

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap karakter siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap karakter siswa kelas V SD Manado Independent School. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Penelitian kuantitatif menguji dengan alat statistik inferensial dan statistik deskriptif, untuk membuktikan apakah teori-teori tersebut teruji dengan menyakinkan atau tidak berdasarkan hasil uji fakta-fakta secara empirik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Manado Independent School yang berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Jumlah responden sebanyak 54 peserta didik kelas V SD.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara budaya sekolah karakter siswa yang artinya budaya sekolah meningkat maka karakter siswa juga akan meningkat. Kemudian juga ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi kepribadian guru terhadap karakter siswa yang artinya apabila kompetensi kepribadian guru meningkat, maka karakter siswa juga akan meningkat.
Penelitian juga mengungkapkan adanya hubungan yang tergolong kuat antara budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru dengan karakter siswa yang dapat dimaknai, apabila budaya sekolah dan kompetensi kepribadian guru meningkat, maka karakter siswa juga akan meningkat.

Kata Kunci : Budaya Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter Siswa, Manado Independent School

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abnisa; Almaydza Pratama; Zubairi. (2022). Personality Competence Educator And Student Interest In Learning. Scaffolding : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, Vol. 4, No. 1 Hal 279 – 290

Astuti; Albertin Dwi. (2015). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas X Jurusan Tata boga SMK Negeri 3 Klaten. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)

Dwapesty; Hadiyanto; Irsyad; Sulastry. (2022). The Effect of Teacher Personality Competence And School Climate On The Character of Junior High School Students In Solok Regency. International Journal of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS), Vol 2, No. 3 Hal 808-816

Djokosantoso, Moeljono. (2005). Budaya Organisasi Dalam Tantangan. PT Gramedia, Jakarta

Fajriyanti; Zakiya, Nur. (2019). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa SMK Negeri 1 Slahung. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)

Fatmah, Nirra. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Diterbitkan Oleh Tim Direktorat Pendidikan Madrasah. Wawasan Pendidikan Karakter Dalam Islam, Jakarta. Vol 29, No. 2 Hal 9 – 10

Hasan, Kamaruddin. (2014). Membangun Kultur Sekolah: Menuju Pendidikan Berbasis Iman Dan Takwa. Penerbit CV Bina Karya Utama, Makasar

Indah Tri Agustin; Nafiah. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education And Human Development Journal Vol 4 No.2

Junik Agustinus; Rahmawati Selly. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V Di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia Vol. 4 No. 2

Khusnah, Widatul. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Kompetensi Kepribadian guru Terhadap Karakter Siswa Kelas V SD Dabin 1 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang)

Kurniawan; Machful, Indra. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. Journal Pedagogia Vol 4, No. 2

Kurnia; Adi; Qomarozzaman, Bambang. (2012). Membangun Budaya Sekolah. Penerbit Simbiosa Rekatama Media, Makasar

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi Vol 2, No. 2

Maulana; Kholbi; Syafei; Herlina. (2021). Charactered Teachers’ Personality Competencies Within Social Interactions. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan Vol3, No. 1 Hal 9-14

Nisary, Muhammad Afifulla; Hamami, Tasman. (2020). Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Sosial Keagamaan At-Tafkir, Vol. 13, No. 2

Normira. (2015). Masyarakt Dan Kebudayaan Sekolah. Jurnal “Al-Hiwar” Vol 3, No. 6

Rahayu, Neneng; Indra, Hasbi. (2017). Relationship Between Teachers Personality Competence And Principal Supervision Againts Student With Religious Awareness Perception. Jurnal Tawazun Vol. 10, No. 1

Rohman; Suntoro; Adha; Yanzi. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Aplikasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Journal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKN Vol 7, No. 2

Rozaq, Abdul. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi, Dan Motivasi Guru Terhadap Produktivitas Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Wilayah Kabupaten Magelang. (Tesis Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Magelang)

Sudrajat, Ajat. (2014). Budaya Sekolah Dan Pendidikan Karakter. Penerbit Intan Media, Yogyakarta

Sopian. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Siswa: Studi Kasus Pada Siswa SMP Trampil Jakarta Timur. (Tesis Pascasarjana, Intitut PTIQ Jakarta)

Suwardani, Ni Putu. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. Penerbit UNHI Press Denpasar

Sundoro, Anang. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Dengan Variabel Intervening Kompetensi Guru. Journal Petra Business & Management Review Vol 2, No. 2

Tsauri, Sofyan. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi, Dan Motivasi Guru Terhadap Produktivitas Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Wilayah Kabupaten Magelang. (Tesis Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Magelang)

Wahyuni, Sri. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Diniyah di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5813

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics