Implementasi Kurikulum Merdeka Di Uptd Smp Negeri 3 Rote Barat

Audi Korengkeng, Jeffry Sony Junus Lengkong, Paulus Robert Tuerah

Sari


Penelitian ini berfokus untuk mendapatkan gambaran tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 3 Rote Barat dengan tujuan untuk menjawab beberapa rumusan masalah: (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 3 Rote Barat (2) Apa hambatan/ kendala yang dihadapi? (3) Apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan yang ada? dan (4) Bagaimana evaluasi yang dilakukan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 3 Rote Barat adalah sebuah proses yang telah mencapai tahapan-tahapan yang signifikan. Kurikulum ini telah memberikan dasar bagi pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual, inklusif, dan berfokus pada pengembangan keterampilan siswa. Meskipun demikian, berbagai kendala dan hambatan masih teridentifikasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Kendala tersebut mencakup kurangnya pemahaman para guru tentang kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi yang masih belum maksimal dan sarana prasarana yang belum memadai. Pimpinan beserta staf sekolah telah melakukan upaya yang signifikan untuk mengatasi kendala-kendala ini, termasuk megadakan pelatihan – pelatihan baik secara intern maupun ekstern untuk meningkatkan pemahamahan guru tentang kurikulum merdeka, dan mengembangkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu sekolah juga berupaya untuk meningkatkan fasilitas atau sarana prasarana secara bertahap. Evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan juga menjadi bagian penting dalam proses implementasi, dengan hasil evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan.
Penelitian ini mengilustrasikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka memerlukan upaya yang berkelanjutan dan kolaboratif di semua tingkatan sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di konteks sekolah menengah pertama dan memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi yang lebih efektif untuk mengatasi kendala yang muncul selama proses implementasi.

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Pertama

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia. 2017. Manajemen Pendidikan. Sleman: Graha Cendekia.

Assingkily, M. S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. 2021. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional). Yogyakarta: K-Media.

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759

Baedhowi. 2020. Pengaplikasian Pola Multi Entry-Multi Exit ( MEME ) Guna Mendukung Konsep Merdeka Belajar di SMK. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, 266.

Bahri, S. (2022). Pemulihan Pembelajaran di Sekolah Melalui Kurikulum Prototipe. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 204–215. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p204-215

Butarbutar & Efrisko, P. 2020. Kurikulum Merdeka Belajar.

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Journal EVALUASI, 2(1), 294. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Fattah, Nanang. 2014. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Firdaus, Fakhry Zamzam, Aplikasi Metodologi Peneleitian, (Yogyakarta:Deepublish, 2018), 106.

Hamalik, Oemar. 2016. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasnawati. 2021. Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik di SMAN 4 Wajo Kabupaten Wajo. Tesis, IAIN Pare-Pare, hlm.99.

Hendri, N. 2020. Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi.

Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi, (Makasar: Sekolah Tinggi Theologi, 2018), 115.

Herry, A. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Indarta, dkk. 2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Jamila, Ahdar, Emmy Natsir. (2021). Problematika Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3 (2).

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1),

Kantor, S. A., Agama, K., &Jember, K. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jieman.Iain-Jember.Ac.Id, 2(1). Https://Doi.Org/10.35719/Jieman.V2i1.14

Kamiludin, K., dkk. 2017. Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Prima Edukasi.

Kebudayaan, S. A.-S. J. P. D., & 2017, Undefined. (N.D.). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw. Ejournal.Uksw.Edu. Retrieved May 26, 2022, From Https://Ejournal.Uksw.Edu/Scholaria/Article/View/713

Kemendikbud. 2019. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Merdeka Belajar.

Kemendikbud. 2020. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” www.Kemdikbud.Go.Id. (diakses pada 15 Februari 2023).

Kemendikbud. 2020. Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri. Https://Bantuan.Simpkb.Id/Books/Simpkb-Upskill-VokasiSmk/Ch01/1-1-Login-Kedalam-Simpkb.Html. (Diakses pada 23 Maret 2023).

Kemendikbudristek. 2022. Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. Sherly, E. Dharma, dkk. 2020. Merdeka Belajar: Kajian literatur. Urban Green Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Kemendikburistek. 2021. Kurikulum Merdeka Sebagai Opsi Satuan Pendidikan dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran Tahun 2022 s.d 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/ (diakses pada 20 Februari 2023).

Kurniati, L. & Kusumawati, R. (2023). Analisis kesiapan guru SMP di Demak dalam penerapan kurikulum merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah (JCI). VOL 2. No. 6. http://bajangjounal.com/index.php/JCI

Leny, L. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding: Sentikjar 1, No.1, hlm.49.

Manullang, M. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Martanti, Fitria., Widodo, J., Rusdarti, R., Priyanto, A.S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak.Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.2022, 412-417.

Maulana, A., Bahar, H., Nuraeni, Ismah, Rosiyanti, H. 2022. Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Mewujudkan SDM Unggul dan Kompetitif di Perguruan Tinggi. Al- Qisth Law Review. Vol.6 N0.1

Mehram. 2015. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Workshop Mgmp Kimia Sma Kabupaten Pidie. Jurnal Serambi PTK, 3 (2).

Miladiah, S. S., Sugandi, N., Sulastini, R. (2023). Analisi penerapan kurikulum merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). Vol 9 NO 1. (5). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Terjemahan (U. P. Rohidi, Tjetjep Rohindi (ed.); Edition 3). Sage Publications.

Moningka, D. . C. (2022). Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi Cetakan 1(1st ed.). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Morgan, H. (2014). Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 87(1), 34–38. https://doi.org/10.1080/00098655.2013.832130

Muhaimin. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Rajawali Pers.

Muljono, Pudji. 2006. Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Buletin BSNP Vol. 1 No. 2

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.

Mulyono, Abdurrahman. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Novera, E., Daharnis, Erita, Y. A. F. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.260

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Putra, M. I., Neliwati, N., Azmar, A., & Azhar, A. 2022. An Analysis of Madrasah Curriculum and Its Implementation in Basic Education Institutions. Jurnal Basicedu, 6(6). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4102. (Diakses pada 18 Maret 2023)

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Herry Hernawan, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230. (Diakses pada tanggal 18 Agustus 2023)

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta : Prendamedia Group.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. 2020. Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268. (diakses pada tanggal 15 Agustus 2023)

Suderajat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), 274.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta).

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukmadinata, N, S. (2013). Evaluasi pembelajaran konsep dan aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih . 2006. Pengembangan Kurikulum (Toeri dan Praktik). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 1(4), 49–59

Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tono Supriatna Nugraha. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum: Jurnal UPI 19, No. 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wakia, N. 2012. Implementasi Program Pendidikan Gratis Dalam Mewujudkan Wajib Belajar Di Mi No. 2 Bajoe Dan Mts Al-Amir Fil Jannah Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Makasar UIN Alauddin Makasar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5719/1/Tesis Nurul Wakia.pdf. (Diakses pada 15 April 2023)

Wulandari, A., S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics