Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kakas
Sari
Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh analisa dari interpretasi mengenai pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru dan pengaruh kemampuan manjerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1, 2, 3 dan 6 Kakas di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, waktu penelitiannya berlangsung selama bulan Oktober sampai dengan November tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah merupakan semua karakteristik yang ada hubungannya dengan variabel penelitian ini, jumlah populasi adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan Kakas sebanyak 63 orang dan diambil 55 guru sebagai sampel.
Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dikemukakan peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja. Hal ini memberikan arti bahwasanya kemampuan manajerial kepala sekolah dapat meningkatkan meningkatkan kinerja guru. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan iklim kerja sekolah terhadap hasil belajar peserta dikinerja guru. Hal ini memberikan gambaran bahwasanya iklim kerja sekolah dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru disekolah, Temuan terakhir, terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Dengan demikian, maka kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah bersama-sama dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci : Kemampuan managerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Kinerja Guru, SMP Negeri di Kecamatan Kakas
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineke Cipta
Hamalik, O. 2015. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Hujair, AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta:
Kaubaka
Karwati, E. Priansa, D.P. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management)
Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta
Kusworo & Soenarto. 2016. Factors Affecting SMP/MTS Student’s Motivation
To Go Into Vocational School in Sleman District. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (2), 163-174.
Rahmawati, T. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik.
Yogyakarta: Gava Media
Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai
Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta
Rooijakkers Ad. 1991. Mengajar dengan Sukses, Petunjuk untuk Merencanakan
dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo
Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta:
LP3ES
Sitepu, B.P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta : RajaGranfindo
Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineke
Cipta
Sugiono dan Eri Wibowo. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung CV: Alfabeta
Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta:
Nuha Letera
Diambil dari internet sepanjang tahun 2023
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional
Pendidikan. Diakses pada :
http://www.academia.edu/download/3540811/MU-03_PP_19-2005_JADI_111208.pdf
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6092
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.