Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kakas

Anggriani Sangkoy, Jeffry Sony Junus Lengkong, Elni Usoh

Sari


Identifikasi permasalahan pendidikan yang dihadapi empat SMP Negeri di Kecamatan Kakas yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa, pengelolaan manajemen sekolah yang kurang baik, kompetensi manajemen kepala sekolah yang belum maksimal, masih rendahnya pelayanan sekolah yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dan iklim kerja yang kurang menunjang untuk peningkatan kinerja guru.
Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh analisa dari interpretasi mengenai pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru dan pengaruh kemampuan manjerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1, 2, 3 dan 6 Kakas di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, waktu penelitiannya berlangsung selama bulan Oktober sampai dengan November tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah merupakan semua karakteristik yang ada hubungannya dengan variabel penelitian ini, jumlah populasi adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan Kakas sebanyak 63 orang dan diambil 55 guru sebagai sampel.
Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dikemukakan peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja. Hal ini memberikan arti bahwasanya kemampuan manajerial kepala sekolah dapat meningkatkan meningkatkan kinerja guru. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan iklim kerja sekolah terhadap hasil belajar peserta dikinerja guru. Hal ini memberikan gambaran bahwasanya iklim kerja sekolah dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru disekolah, Temuan terakhir, terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Dengan demikian, maka kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja sekolah bersama-sama dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci : Kemampuan managerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Kinerja Guru, SMP Negeri di Kecamatan Kakas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineke Cipta

Hamalik, O. 2015. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara

Hujair, AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta:

Kaubaka

Karwati, E. Priansa, D.P. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management)

Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta

Kusworo & Soenarto. 2016. Factors Affecting SMP/MTS Student’s Motivation

To Go Into Vocational School in Sleman District. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (2), 163-174.

Rahmawati, T. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik.

Yogyakarta: Gava Media

Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai

Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta

Rooijakkers Ad. 1991. Mengajar dengan Sukses, Petunjuk untuk Merencanakan

dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta:

LP3ES

Sitepu, B.P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta : RajaGranfindo

Persada.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineke

Cipta

Sugiono dan Eri Wibowo. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung CV: Alfabeta

Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta:

Nuha Letera

Diambil dari internet sepanjang tahun 2023

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional

Pendidikan. Diakses pada :

http://www.academia.edu/download/3540811/MU-03_PP_19-2005_JADI_111208.pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6092

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics