Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa inggris di kelas 7 SMP Negeri 6 Bitung

Badriah Wangi, Tinneke Evie Meggy Sumual, Viktory N.J.Rotty, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian siswa kelas 7 khususnya dalam mata pelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan. Tahapan penelitian yang dilalui meliputi: (1) prasurvei, (2) uji coba instrumen, (3) pengumpulan data, (4) analisis data dan (5) penulisan laporan penelitian dalam bentuk tesis. Populasi seluruh murid di SMP Negeri 6 Bitung yang berjumlah 520 siswa dengan jumlah sampel siswa kelas 7 yang berjumlah 180 peserta didik. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan mempertimbangkan (1) pengumpulan data penelitian dari sampel yang berasal dari suatu populasi yang telah ditentukan (2) data berkaitan dengan suatu pendapat, persepsi, atau suatu hal yang dikumpulkan secara serentak dalam waktu relatif singkat dan (3) data yang dikumpulkan dianalisis dengan bermacam metode, sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pemberian tugas berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan kata lain, apabila guru senantiasa memberikan tugas kepada siswa maka akan memberikan memiliki kontribusi yang positif erhadap hasil belajar. Kesimpulan lainnya yaitu motivasi belajar berpengaruh positif terhadap terhadap hasil belajar. Apabila guru senantiasa memberikan motivasi dan semangat belajar kepada siswa dalam proses belajar, maka akan meningkatkan hasil belajar. Terakhir, ditemukan bahwa metode pemberian tugas yang disertai dengan pemberian motivasi pada para siswa bersama-sama akan meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 7 SMP Negeri 6 Bitung.

Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, SMP Negeri 6 Bitung.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Asmedy 2021: Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN: 2746-7767 Volume 2, Nomor 3, Agustus 2021, 169-174

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davies, Ivor K., Pengelolaan Belajar, Alih Bahasa Sudarsono Sudirja, Jakarta: Rajawali, 1991.

Dimyati & Mudjiono.2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Djamarah, Syaiful Bahri.2006) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar.(1983). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Handoko, Martin, Motivasi daya Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Koeswara. 1995, Motivasi Teori dan Penelitian, Bandung: Penerbit Angkasa.

Martaniah, Sri Mulyani. 1984, Motif Sosial: Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina di Beberapa SMA Yogyakarta, Suatu Studi Perbandingan, Surabaya: Gajah Mada University Press.

Mufarrokah (2009)Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras Anomi UUD 1945 tentang tujuan pendidikan nasional dituangkan dalam undang undang No.20 tahun 2013

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. Badung; Rosdakarya.

Neter, John, et al. 1997 Model LinearTerapan Buku II. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Bogor: Jurusan FMIPA-IPB, 1997.

Frandy Pratama, Firman , Neviyarni, 2019, Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01, Edukatif (Jurnal Ilmu Pendidikan) Volume 1 Nomor 3.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman.2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta Grafindo Persada.

Sahlan, Moh. 2015. Pengaruh Metode Pemberian Tugas, Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah, FENOMENA, Vol. 14 No. 1 April 2015

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sahlan, M., 2007. Penilaian Berbasis Kelas: Teori dan Aplikasinya dalam KTSP. Jember: CSS

Siskandar. 1999. Sikap Motivasi, dan Peran Orang Tua Yang Dipersepsikan Anak Dalam Kaitan Dengan Hasil Belajar Matematika, Desertasi, Jakarta: PPs IKIP Jakarta, 1999.

Slameto. 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Smith, Rolland E., Irwin G. Sarason, Barbara R. Sarason, Psychology the Frontiers of Behavior, New York: Harper & Row Publishes, 1982.

Sudirman dkk, 2000, Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Karya.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Sudjana. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito. 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 2018

Sumual D.M. Shelty, Afni Mokodompit, Agnes Rooroh 2022. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Tondano ejournal fekon unima vol. 7 No. 1 (2022) http://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/article/view/2826

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta PT RajaGrafindo Persada

Terry, Goerge dan Stephen Fraklin. 1987, Principles of Management, Illinois: Richrad D. Irwin.

Winkel, W. S. 2009. Psikologis Pengajaran. Jakarta: Gramedia Baru Algensido Offset.

Yulianjani, Arsi, 20017. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar: 1-14, Raharja open Jurnal, ISSN : 2356-5209, Vol.3 No.2 – Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6107

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics