Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Kota Bekasi

Mega Indah Edityawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis “ Pengaruh brand awareness dan kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di kota bekasi”. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Sampling Insidental. Adapun sampel berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 53,3 % faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh brand awareness dan kualitas produk sedangkan sisanya 46,5 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel brand awareness dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (39.190) > Ftabel (3.130). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand awareness menunjukkan hasil analisis thitung¬ (3.077), dan variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung¬ 4.616) dimana ttabel (1.99547) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di kota bekasi. Variabel yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian Handphone Samsung di kota bekasi adalah kualitas produk.

Kata Kunci: Brand Awareness, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adi, B. A., & Daryanto, W. M. (2021). Financial performance analysis of food and beverage public listed companies for the three quarters before and after the Covid-19 pandemic in Indonesia. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 24(2), 10–25

Abidin, Yunus. Dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Pengaruh brand awareness terhadap purchase intention dimediasi oleh perceived quality dan brand loyalty. E-Jurnal Manajemen, 6(12), 6620-6650.

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian AMDK Merek Aqua. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Vol. 4. No. 1 Januari 2016.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Priansa, Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Pesaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.

Bogor: In Media.

Siti Nurhayati. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, Vol 4, No.2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit

Alfabeta,Bandung.

Suliyanto (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. (Cetakan Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics