Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Filosofi Gift Kota Makassar

Aminah Aminah, Ernawati Ernawati

Sari


PeneIitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh produk pada kepuasan peIanggan pada toko Filosofi Gift Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh peIayanan pada kepuasan peIanggan pada toko FiIosofi Gift Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui pengaruh produk dan peIayanan secara simultan pada kepuasan peIanggan pada Toko Filosofi Gift Kota Makassar. Jenis peneIitian yang dipakai ialah peneIitian kuantitatif dengan teknik pengumpuIan data observasi, kuesioner dan dokumentasi yang teknik anaIisis datanya memakai regresi Iinear berganda. Waktu penelitian di lakukan pada bulan Desember 2022 sampai bulan Januari 2023. HasiI peneIitian menunjukan bahwa: (1) KuaIitas produk berpengaruh pada kepuasan peIanggan, dengan t hitung = 2,710 > t tabel 2,012 dan signifikansi 0,009. (2) PeIayanan berpengaruh pada kepuasan peIanggan, dengan t hitung 2,410 > t tabel 2,012 dan signifikansi 0,165. (3) Kualitas produk dan pelayanan secara simuItan mempunyai pengaruh pada kepuasan peIanggan, dengan F hitung 3,719 > F tabel 3,18 dan signifikansi 0,32.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk dan Pelayanan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Achera R. 2018. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan PeIanggan Pada Bengkel Suzuki Dwiperkasa Pemulang. Pemulang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) / Vol. 2017;20 (2).

Aliyyah D, Sunarti A, Ilmu F, et al. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo). Sidoarjo: JurnaI Administrasi Bisnis (JAB) / Vol. 2017;51 (2).

Alma. 2017. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Bugin M. 2016. Metedologi PeneIitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta ilmu-ilmu sosiaI Iainnya, jakarta: Kencana.

Daga R C. 2017. KuaIitas Produk dan Kepuasan PeIanggan. SuIawesi SeIatan: Glonal Research an ConsuIting Institu.

Gilarso. 2019. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ismail I. 2020. Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya. Surabaya: Alfabeta.

Kajian P. 2019. Tinjauan Tentang Konsumen, Pengertian K, Menurut S, Handayani. Jakarta: Alfabeta.

Khatimah H. 2018. AnaIisis Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen Nasabah lewat Situs Jejaring Sosial Pada Mahasiswa di Semarang. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

KotIer dan Amstrong. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition. Inggris:Pearson Education, Inc.

Kuncoro M. 2021. Metode Riset Untuk Binsin & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi R dan Hamdani A. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SaIemba Empat.

Putri C A dan Trisnowati J. 2021. AnaIisis Pengaruh KuaIitas Produk, KuaIitas PeIayanan, dan harga pada Krpuasan Kosumen di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Surakarta: Management JournaI.

Prawiro M. 2020. Pengertian Kualitas Memahami Apa Itu Kualitas dan Unsur-Unsurnya. Jakarta: Alfabeta.

Radete D B. 2021. Pengaruh KuaIitas Produk, Pelayanan Dan Harga pada Kepuasan Konsumen Studi Ksus pada Rumah Makan Ayam Bakar Protol. Jakarta: Doctoral dissertation.

Rosanti L. 2020. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sarwono J. 2019. Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19: Cara Operasi, Prosedur Analisis dan lnterpretasi. Jakarta: Elexmedia Kompotindo.

Sholeha, L & Widodo J. 2018. Pengaruh Kualitas PeIayanan di ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecematan Rogojampi Kabupaten Bayuwangi. Bayuwangi: Jurnal llmiah llmu Pendidikan, llmu Ekonomi Dan llmu SosiaI, 12 (1), 15-25.

Silaen S. 2018. MetodoIogi PeneIitian Sosial Untuk PenuIisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In media.

Sugiyono. 2018. Metode PeneIitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahputra R D dan Wibowo S. 2019. AnaIisis KuaIitas PeIayanan Dan Customer Value Berbasis DigitaI Pada Media Sosial Facebook pada Kepuasan PeIanggan. Bandung: Proceedings of Applied Science.

Syofian S. 2018. Metode PeneIitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan ManuaI & SPSS. Jakarta: Kencana.

Thamrin A dan Tantri F. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Achera R. 2018. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan PeIanggan Pada Bengkel Suzuki Dwiperkasa Pemulang. Pemulang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) / Vol. 2017;20 (2).

Aliyyah D, Sunarti A, Ilmu F, et al. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo). Sidoarjo: JurnaI Administrasi Bisnis (JAB) / Vol. 2017;51 (2).

Alma. 2017. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Bugin M. 2016. Metedologi PeneIitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta ilmu-ilmu sosiaI Iainnya, jakarta: Kencana.

Daga R C. 2017. KuaIitas Produk dan Kepuasan PeIanggan. SuIawesi SeIatan: Glonal Research an ConsuIting Institu.

Gilarso. 2019. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ismail I. 2020. Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya. Surabaya: Alfabeta.

Kajian P. 2019. Tinjauan Tentang Konsumen, Pengertian K, Menurut S, Handayani. Jakarta: Alfabeta.

Khatimah H. 2018. AnaIisis Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen Nasabah lewat Situs Jejaring Sosial Pada Mahasiswa di Semarang. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

KotIer dan Amstrong. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition. Inggris:Pearson Education, Inc.

Kuncoro M. 2021. Metode Riset Untuk Binsin & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi R dan Hamdani A. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SaIemba Empat.

Putri C A dan Trisnowati J. 2021. AnaIisis Pengaruh KuaIitas Produk, KuaIitas PeIayanan, dan harga pada Krpuasan Kosumen di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Surakarta: Management JournaI.

Prawiro M. 2020. Pengertian Kualitas Memahami Apa Itu Kualitas dan Unsur-Unsurnya. Jakarta: Alfabeta.

Radete D B. 2021. Pengaruh KuaIitas Produk, Pelayanan Dan Harga pada Kepuasan Konsumen Studi Ksus pada Rumah Makan Ayam Bakar Protol. Jakarta: Doctoral dissertation.

Rosanti L. 2020. Pengaruh KuaIitas PeIayanan pada Kepuasan Konsumen Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sarwono J. 2019. Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19: Cara Operasi, Prosedur Analisis dan lnterpretasi. Jakarta: Elexmedia Kompotindo.

Sholeha, L & Widodo J. 2018. Pengaruh Kualitas PeIayanan di ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecematan Rogojampi Kabupaten Bayuwangi. Bayuwangi: Jurnal llmiah llmu Pendidikan, llmu Ekonomi Dan llmu SosiaI, 12 (1), 15-25.

Silaen S. 2018. MetodoIogi PeneIitian Sosial Untuk PenuIisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In media.

Sugiyono. 2018. Metode PeneIitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahputra R D dan Wibowo S. 2019. AnaIisis KuaIitas PeIayanan Dan Customer Value Berbasis DigitaI Pada Media Sosial Facebook pada Kepuasan PeIanggan. Bandung: Proceedings of Applied Science.

Syofian S. 2018. Metode PeneIitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan ManuaI & SPSS. Jakarta: Kencana.

Thamrin A dan Tantri F. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics