Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar

Rispawati Rispawati, Muliati Muliati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui Implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Auto Indo Utama (DFSK) Makassar yang terletak di Jl.Urip Sumoharjo KM.7, Tello Baru Panakukang Makassar, Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar dilakukan dengan menggunakan pola perencaaan yang baik, Menggunakan strategi pemasaran Sales Marketing. (2) faktor pendukung penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar adalah produk yang di tawarkan memiliki kualitas, harga terjangkau, promosi dan diskon. Faktor penghambat penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar adalah persaingan dengan strategi pemasaran online, kekurangan stock produk, dan customer beradadi luar daerah.

Kata Kunci: Implementasi, Strategi Pemasaran, Penjualan, Supercab.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdullah, T., & Tantri, F. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo perdasa.

Ali, Hasan 2013 Marketing, Cetakan Pertama Yogyakarta Media Pressdindo.

Assauri Sofjan. 2013 Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Stretegi. Jakarta: Rajawali Pers.

Prof. Dr. Soekartawi, D . 2019 Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo perdasa.

Aliyah Zulfa.2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada CV YUDI PUTRA Skripsi.Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa Jakarta; Intidayu Press.

Daylen dalam Sudaryono, 2016 Manajemen Pemasaran, Teori dan Implementasi-Yogyakarta: Andi.

Putri H. L 2019 Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Iklan Di PT Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamonang.

Jefriadi, A.2019. Implementasi pemasaran Online Berdasarkan Bauran dalam Meningkatkan Jumlah Iklan DI PT Radio Manggala Nusa Ponogoro. Skripsi. Institusi Agama Islam Negeri.Purwokerto.

Lusi Sulistiawati, L. 2014. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Serta Implikasinya Terhadap Laba Bersih. Skripsi Universitas Komputer Indonesia.

Kotler dan Amstrong 2012 Principles of Marketing Global 14 Edition.New Jersey: Prentice.

Moleong,LJ.2017.Metode Penelitian Kualitatif, PT.Remaja Rosdakarya:Yogyakarta.

Rahardjo Adisasmita, 2010, Dasar-Dasar Ekonomi Transfortasi. Edisi 1, Cet.ke 1 Yogyakarta; Grahana Ilmu.

Indrasworo, Gregorius pandu; Juwono, Onny. Analisis Penerapan Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk di Rumah Makan Bakso Titoti, Cabang Ciledug, Tangerang.

Subing, H.Achmad, dan Ferdian Dwi Saputra. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merk Mio J Cw FI Pada PT. Bahana Pagar Alam Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 4(2); 197-220.

Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Transfortasi pada PT. Prudential Cabang Lamongan.Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 1(2); 2502- 3780.

George C. Edward. Edward III (dalam Subarsono, 2011: 90-92) berpandangan bahwa implementasi kebijakan dipengaruhi oleh empat variabel, dalam Pemasaran. Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Kotler,Philip. 2016. “Manajemen pemasaran di Indonesia” : Anlisis, perencanaaan, implementasi danpengendalian. Jakarta: Penerbit Salempa Empat.

Sugiono.2018.Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif R & D.Alfabeta:Bandung.

Melydrum dalam Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran, Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Andi.

Suharno dan Sutarso, Yudi. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stanton dab Tambojong. 2013. Landasan Teori Pemasaran, terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Donni Juni Priansa (2017:13) Bauran pemasaran, terjemah. Yogyakarta:

: Andi




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics