PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA DAN ALOKASI WAKTU TERHADAP PENDAPATAN USAHA COUNTER PULSA DI KOTA MAKASSAR

Rusdiaman Rauf1, Wisda Zulaeha Suwardi, Ismail Hasang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan (1) pengaruh secara simultan yaitu modal, tenaga kerja dan alokasi waktu terhadap pendapatan usahah (2) pengaruh modal terhadap pendapatan usaha, (3) pengaruh tenaga kerja terhadap pendapatan usaha, (4) pengaruh alokasi waktu terhadap pendapatan usaha, dan (5) variabel mana yang paling berpengaruh terhadap pendapatan usaha. Dalam penelitian ini, menggunakan sampel sebanyak 10 pengusaha Counter Pulsa di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modal, tenaga kerja dan alokasi waktu secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, (2) modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, (3) Tenaga kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan usaha, (4) Alokasi waktu tidak berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap pendapatan usahah, dan (5) variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap pendapatan usaha adalah modal.counter pulsa di Kota Makassar.

Kata kunci : Modal, Tenaga Kerja, Alokasi Waktu, Pendapatan Usaha

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arifin, Bustanul. (2004). Formasi Strategi Makro-Mikro Ekonomi Indonesia. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Efriza dan Mintargo (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Counter HP di Kecamatan Lebong Tengah,Kabupaten Lebong. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol 9 No 2, hal 99-108. Universitas Arga Makmur

Hasmin, H. (2015). Analisis Kemiskinan Ditinjau Dari Tempat Tinggal, Pekerjaan, Pendapatan, Dan Pendidikan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 4 (1).

Isrohah, Rohmatul. (2015). Analisis Pengaruh Modal Kerja dan Jam Kerja Terhadap Bersih Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Ngaliyan Semarang (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Kelurahan Ngaliyan Semarang). Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Rumianti, C. (2018). Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal Dan Skala Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia. Akmen Jurnal Ilmiah, 15(1).

Ma’rufaa, Laili Riziiq. (2017). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Counter Pulsa Di Kecamatan Gresik (Studi Pada Counter Pulsa Yang Terdaftar di PT. Multi Media Selular Cabang Gresik). Skripsi Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik.

Maliha, Arininoer. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Home Industri Mitra Cake Legundi Sukarame Bandar Lampung). Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung

Muktar, Afiah. (2015). Kontribusi Retribusi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Asli

Daerah Di Kota Makassar. Journal Of Accounting And Management, 9(2), 34-42.

University Patria Artha. Makassar

Mulyadi S, (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta

Raja Grafindo Persada

Qulbi, Tilas Ainun. (2019). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil Toko Pakaian di Kota Pontianak. Jurnal Curvanomic, Vol 8, No. 3

Sumarni, Murti & Suprihanto, John. (2014). Pengantar Bisnis Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta : Liberty.

Swari, Ivan Quatra. (2014). Pengaruh Modal, Jumlah Tenaga Kerja, Dan Alokasi Waktu Terhadap Pendapatan Pengusaha Kerupuk Sanjai Di Kota Bukit tinggi. Skripsi Ekonomi. Universitas Andalas, Padang.


Article Metrics

Sari view : 57 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i2.639

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics