EVALUASI KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD - PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL DAN PEMBELAJARAN/PERTUMBUHAN

Fadhilla Wahyuni, Hendra Lukito

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi kinerja menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dilihat dari perspektif proses bisnis internal dan pembelajaran/pertumbuhan pada Bank X. Variabel penelitian dari perspektif proses bisnis internal yaitu proses inovasi, proses operasi dan layanan purna jual dan perspektif pembelajaran/pertumbuhan yaitu kepuasan pekerja, retensi pekerja dan produktivitas pekerja, Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan 133 pegawai yang menjadi responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif yang bersifat deskriptif, dimana hasil yang diperoleh yaitu hasil penilaian kinerja Bank X dari perspektif proses bisnis internal sebesar 4,44 dengan rating B deskripsi Very Good dan hasil penilaian kinerja Bank X dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 4,11 dengan rating B deskripsi Very Good.

Kata Kunci : Kinerja, Balanced Scorecard, Internal Bisnis Proses, Pembelajaran & Pertumbuhan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Al-Najjar, S.M., and Kalaf, K.H. (2012), “Designing a Balanced Scorecard to measure a bank's performance: A Case Study”, International journal of business administration, Vol. 3 No. 4, pp. 44-53.

Banerjee, J & Buoti, C. 2012. General Specifications of KPIs International Telecomunnication Union.

Dessler, Gary, (2016), Human Resource Management. Fifteenth Edition. New Jersey. Pearson Prentice Hall.

Eilat, H., Golany, B., and Shtub, A. (2007), “R&D project evaluation: An integrated DEA and balanced scorecard approach”, Omega, Vol. 36 No. 5, pp. 895-912.

Greiling, D. (2010), ‘‘Balanced scorecard implementation in German non-profit organizations’’, International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 59 No. 6, pp. 534-54.

Istijanto. (2013). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iqbal N et al. 2013. Impact of performance appraisal on employee’s performance involving the moderating role of motivation. Arabian Journal of Business and Management Review 3(1): 37–56.

Kaymaz K. 2011. Performance feedback: individual based reflections and the effect on motivation. Business and Economics Research Journal. Berjournal 2(4): 115–134.

Lee, S., Park, S.B. and Lim, G.G. (2013), “Using balanced scorecards for the evaluation of ‘software-as-aservice”, Information & Management, Vol. 50 No. 7, pp. 553-561.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat, Jakarta.

Perkins, M., Grey, A. and Remmers, H. (2014), “What do we really mean by ‘balanced scorecard?”, International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 63 No. 2, pp. 148-169.

Suartika, M.I., Suwigno, P. dan Syairuddin, B. (2007). Perancangan dan Implementasi Sistim Pengukuran Kinerja dengan Metode Integrated Performance Measurement System (Studi Kasus: Jurusan Teknik Mesin Mataram). Jurnal Teknik Industri, 9 (2).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v4i2.644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics