Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru Tk Di Kota Tomohon

Rosiana Elisabeth Mantiri, Roos Tuerah, Shelty D.M Sumual, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan total sampel 95 Guru TK di Kota Tomohon. Teknik analisis data menggunakan model regresi berganda (multiple correlation). Teknik analisis data ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahap yaitu: (1) Deskripsi data (2) Uji prasyarat analisis (3) Pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial supervisi kepalah sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon.
Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru TK di Kota Tomohon

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anwar, Muhammad Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Prenamedia Group, 2018

Blanchard, Kneth dan Paul Hersey.Management of Organization Behavior. Singapore: Prentice Hall. Inc., 1988.

Brotosedjati, Soebagyo, Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sukaharjo, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, 2012.

Djaali, H dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo, 2008.

Gunbayi, Ilhan, School Climate and Teacher`s Perceptions on Climate Factors : Research Into Nine Urban High Schools, (The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET), 2007

Handoko H.T. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE, 1998.

Hasibuan, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung : CV Pustaka Setia, 2014

https://kastara.id/09/06/2021/kualitas-guru-pengaruhi-kualitas-pendidikan-di-indonesia/ (diakses 1 Maret 2023)

https://www.beautynesia.id/life/10-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia-indonesia-peringkat-berapa/b-257673 (diakses 1 Maret 2023)

Kambey, Daniel C. Landasan Teori Administrasi/Manajemen: Sebuah Intisari. Manado: Yayasan Tri Ganesha Nusantara, 2006.

Karsiyem dan Muhammad Nur Wangid, Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol.3, 2015,

Kompri, Manajemen Sekolah (Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Lestriyani, Indri dan Endang Herawan, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XVII, 2013, h. 102.

Mangkunegara, A. P. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Aditama, 2005.

Marshall, Megan L, Defining Factors and Educational Influences. Center of Research on School Climate and Classroom Management Georgia State University, (Examining School Climate, 2002

Milner, Karen dan Khoza, Hariet, A Comparison of Teachers Stress and Scholl Climate Across School with Different Matric Success Rate, South African Journal of Educational, 2008

Moss, R.H, Evaluating Educational Environments. Procedures, Measures, Findings, and Policy Implications, San Fransisco: Jossey-Bass, 1979

Mudzakir, Dede, Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah ibtidaiyah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 10, No.2, 2016. h. 35-36.

Mulyasa, D Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Neter, John, et al. Model LinearTerapan Buku II. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Bogor: Jurusan FMIPA-IPB, 1997.

siaPretorius, Stephanus dan Villiers, Elsabe de, Educators Perceptions of School Climate and Health in Selected Primary School, (South African Journal of Educational, 2009

Rivai, H. Veitzal dan A.F.M Basri. Performance Appraisal: Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Robbins, Stephen P.Essentials of Organizational Behavior. Seventh Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Education Inc., 2003.

Ruki, Achmad S, Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Sagala, Syaiful Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung:Alfabeta, 2013

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Siagian S.P. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: CV Haji Masagung, 2002.

Sorenson dan Ricard D, Goldmith, Llyod M, The Principal`s Guide to Managing School Personel, Corwin Press, 2008

Stichter, Kenneth, Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment, (Journal of Educational Research & Policy Studies, 2008

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2002.

Sudjana. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito. 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 2018

Supardi, Kinerja Guru, Jakarta : Rajawali Pers, 2013

Taqizar, Supervisi Berbasis IT, Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, Vol.1, No.2, 2018

Tubbs, JE, dan Garner, M, The Impact of School Climate on School Outcomes, (Journal Of College Teaching and Learning, 2008




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6621

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics