Pengaruh Iklim Kelas Dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Pineleng

Martina Fransisca Repi, Tineke E. M. Sumual, Tinneke E. M. Sumua, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kelas dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Pineleng. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 81 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi berganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Pineleng. (2). kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Pineleng. (3) iklim kelas dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Pineleng.
Kata Kunci : Iklim Kelas, Kinerja Guru, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andi Rusdiana, Memahami Integritas Dunia Wanita Dibalik Pesan Maulid, Alaudin, No. 47 Th. VIII, April, Ujung Pandang, 1988, h. 3.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), h.854

Departemen Pendidikan Nasional, Op. Cit, h. 1107

Muhtadi, Ali. 2005. Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Climate) Yang Kondusif Dan Berkualitas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1992), h. 106-110.

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1992), h. 106-110.

Oteng sutisna, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Profesional, (Bandung: Penerbit Angkasa, 2000), h. 264

Soerjono Soekonto, Sosiologi Suatu Pengantar, Grafindo Persada, Jakarta 2000, h. 269

Sudarwan Danim, Inovasi pendidikan (cet. I; Bandung: CV Pustaka Setia, 2002) h, 124

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Ariknto, Dasar dasar Supervisi, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004) , hal. 57

Syaiful sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer ( Bandung: Alfabeta, 2008), hal. 246

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), h.2

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), h.2




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6622

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics