PENGARUH DISPLAY PRODUK, LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART SUNAN GIRI, BALARAJA BANTEN

Hermawan Hermawan, Muhamad Daffa Fachruroji, Iban Subandi

Sari


Introduction/Main Objectives: Saat ini Indonesia memasuki masa perkembangan dunia ritel dan mulai menunjukan adanya pemulihan seiring berjalannya waktu dan perkembangan di masyarakat yang kembali normal pasca pandemi. Pertumbuhan industri ritel di Indonesia memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan membantu tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Dalam menghadapi persaingan industri ritel, beberapa strategi yang digunakan oleh Alfamart antara lain mengenai Display Produk, Lokasi dan Citra merek terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Background Problems: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Display Produk, Lokasi, dan Citra merek terhadap keputusan pembelian di Alfamart Sunan giri Balaraja Banten. Novelty: Hasil uji regresi menunjukan bahwa 49,6% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh display produk, lokasi, dan citra merek sedangkan sisanya 50,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Research Methods: Penelitian ini menggunakan metode penelitian beerupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis yang di gunakan adalah analisis linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Finding/Results: hasil uji F dan uji T menunjukan bahwa secara simultan variabel display produk dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart sunan Giri Balaraja Banten. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Alfamart Sunan Giri Balaraja Banten adalah Display Produk.. Conclusion: Secara simultan display produk, lokasi dan cita merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Sunan Giri Balaraja.
Keywords:
Display Produk, Lokasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abubakar dalam Banet (2018:24) Analisa Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Banten: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang (5).

Afrianti, (2020). Indikator Display Produk Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 121.

Andini, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Merek Lois Jeans Di Streat Shop Lois). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/2420/

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Firmanyah. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 81.

Borg dan Gall dalam Sugiyono. (2019). Metode penelitian pengembangan dalam bimbingan dan konseling. Quanta, 5(3), 2.

Heryanti, Y., Ariwibowo, P., & Rosadi, N. (2020). The Influence of Leadership Style, Motivation, and Discipline on Employee Performance of PT Intikom Berlian Mustika. FOCUS, 1(2), 55–60. https://doi.org/10.37010/fcs.v1i2.352

Indahsari, Kotler (2019). Keputusan pembelian. Bandung: Penerbit Alfabeta. (72)

Kotler dalam Idrus. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 3.

Ridwan, and Burhan Rifuddin. (2021) "Pengaruh Display Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Bina Agramulya di Cimone." Jurnal Tadbir Peradaban 1.1: 129.

Sari dan Widowati dalam Dharmayana & Rahanhata (2017). Hubungan Antara Citra Merek dengan Minat Beli Hand Body Lotion pada Siswa-Siswi Kelas Xi Di Sma 2 Cipocok Jaya Kota Serang. Economicus, 14(2), 24

Shultz, Alma (2020). Pengertian Display. Bandung: Penerbit. Alfabeta. (189). Sitio, V. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. TIKI. Jurnal Ilmiah M- Progress, 9(1).

Situmorang, et. al (2017). Pengaruh Strategic Management Accounting dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar, dan Kualitas Pimpinan terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 7(2), 100-108.

Suyanto, (2021). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk Dan Kualitas Produk terhadap minat beli pada Alfamart kayubulan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 121

Sugiyono, S. (2019). Populasi dan sampel mengenai Pengaruh tingkat kepercayaan, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap kepuasan pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta (2,16)

Suryana, P., & Tresnawati, T. (2020). Analisi Suasana Toko, Lokasi, dan Media Sosial pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Aenk. Oikos:Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 4(1), 45-57.

Tresnawati, N. T., & Suryana, H. P. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kopi Aenk .(Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Utami, (2017). Persepsi konsumen thematic coffee house terhadap merek, kualitas produk dan pelayanan serta nilai pelanggan produk kopi lokal (Survei konsumen filosofi kopi jakarta selatan). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 28




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6863

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics