ANALISIS KEPUASAN KERJA PERAWAT TERHADAP KINERJA, PELAYANAN PRIMA PERAWAT, DAN KEPUASAN PASIEN (STUDI PADA PERAWAT DAN MANTAN PASIEN RSJ NEGERI MAKASSAR)

Mutiarini Mubyl, Giri Dwinanda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis pengaruh kepuasan kerja perawat terhadap kinerja perawat, pelayanan prima perawat, dan kepuasan pasien RSJ Negeri Makassar. Jumlah perawat yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 101 orang dengan metode analisis jalur Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja perawat secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perawat (thitung>ttabel: 7.334>1.984; sig (p): 0.000<0.050) dan pelayanan prima perawat (thitung>ttabel: 3.453>1.984; sig (p): 0.001<0.050), namun tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien (thitung0.050). Hasil lain adalah adanya kepuasan kerja perawat yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kinerja karyawan (thitung>ttabel: 2.156>1.984; sig (p): 0.019<0.050) dan kepuasan kerja perawat yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui pelayanan prima perawat (thitung>ttabel: 2.158>1.984; sig (p): 0.031<0.050), namun tidak terdapat pengaruh kepuasan kerja perawat terhadap kepuasan pasien melalui kinerja perawat dan pelayanan prima perawat (thitung>ttabel: 1.254<1.984; sig (p): 0.210>0.050).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, Nora., Nelson Oranye, and Alyona Danilov. 2016. “Rasch Analysis of Stamp’s Index of Work. Satisfaction in Nursing Population.” Wiley Nursing Open 4 (1): 1-9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5221452/

Anisza, Haratul. 2012. “Hubungan antara Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.” Tesis. http://eprints.umg.ac.id/120/2/BAB%20II.pdf

Darmawan, Bambang. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan.” Tesis. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/56067/Cover.pdf?sequence=7&isAllowed=y

Depkes. 2017. Infodatin Perawat: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. hhttp://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin%20perawat%202017.pdf

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro, 2014.

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Indrawati, Ayu Desi. 2013. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar.” Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7 (2): 135-142. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/6997

Koopmans, Linda, et al. 2013. “Development of an individual work performance questionnaire.” International Journal of Productivity and Performance Management, 62, 6-28. https://www.researchgate.net/publication/233944832_Development_of_an_Individual_Work_Performance_Questionnaire

Krisnawati, Tina., Ngesti W. Utami, and Lasri. 2017. “Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang.” Nursing News, 2 (2): 314-320. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/475

Latan, Hengky. Selva Temalagi. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta, 2013.

Manggarani, Chyntia Ayu. 2018. “Benarkah Karyawan yang Puas akan Berdampak pada Kepuasan Pelanggan?.” Modus, 30 (2), 143-157.

Santosa, Paulus Insap. Metode Penelitian Kuantitatif, Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sulaiman and Anggriani. 2019. “Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar.” Jurnal Endurance, 4 (2): 252-261. https://www.researchgate.net/publication/334467520_Hubungan_Mutu_Pelayanan_Terhadap_Kepuasan_Pasien_di_Poli_Fisioterapi_RSU_Siti_Hajar

Supriyanto and Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Suryani, Desi. 2016. “Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap yang Menggunakan BPJS di Rumah Sakit Pusat Pertamina Pangkalan Berandan”. Skripsi. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1279/5/128600207_FILE5.pdf

Yanidrawati, Kartika., Sri Susilaningsih., and Irman Somantri. 2012. “Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi.” Students e-Journals, 1 (1): 1-18. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/download/753/799




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.688

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics