PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN MUTU SDM TERHADAP PENGANGGGURAN DI INDONESIA

Muhammad Rusdi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian dan menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi dan Mutu SDM terhadap pengangguran di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori dimana penelitin ini bertujuan untuk melihat hubungan kausalitas atau sebab-akibat dari variabel dependen dengan variabel independen yang dalam hal ini pertumbuhan ekonomi dan Mutu sdm terhadap Pengangguran. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh propinsi yang ada di Indoensia yaitu sebanyak 34 propinsi yang kemudian yang memenuhi kriteria sampel adalah 137 selama 4 tahun yang merupakan masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat uji SPSS for windows 24.0. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negaif dan signifikan terhadap penganggguran yang berarti bahwa ketika pertumbuhan ekonomi meningkat maka pengangguran di indoesia akan menurun.

Sedangkan untuk Mutu SDM tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran, hal ini dikarenakan angkatan kerja yang membuka lapangan kerja sendiri melalui UMKM atau bisnis starup sehingga Mutu SDM melalui tingkat pendidikan tiak berpengaruh erhadap tingkat pengangguran, karena dizaman modern ini generasi muda kreatif dengan menciptakan pluang kerja sendiri, seperti menjadi selegram, influezer, reseller dan lain sebagainya, sehingga meskipunntidak berkantor sudah memiliki penghasilan dan bisa mandiri.
Keyword : Perumbuhan Ekonomi, Mutu SDM, Pengangguran

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anggoro, M.H. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Angkatan KerjaTerhadap Pengangguran di Kota Surabaya. Volume 3 Nomor 3 Tahun 2015.

Aprianto, daffan & Khairunnisa. Hubungan sumber daya manusia terhadap pengangguran terbuka di Indonesia. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) Vol. 5 Oktober 2013 Bandung, 8-9 Oktober 2013. 398-405

Blanchard dan Johnson. 2017. Makroekonomi. Jakarta Penerbit Erlangga

Guretna, E.T. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Investasi terhadap Tingkat Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/159823311.pdf. Diakses tanggal 31 Agustus 2019.

Mankiw, 2007 Principles Of Economics. Edisi-3. Jakarta : Salemba Empat

Ma’ruf, Ahmad & Wihastuti, Latri. 2008. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Determinan dan Prospeknya. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. Volume 9. Nomor 1, April 2008:44-55. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Latifah, N. Sulu D.C.H, & Tumilar, R.L.H. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Pengangguran terbuka an Dampaknya pada Jumlah Penduduk Miskin di Kota manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 17 No. 02 Tahun 2017.

Nordhaus & Samuelson. 2004. Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta: Media Global Edukasi

Sukirno, sadono, 2004. Pengantar teori makro ekonomi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sukirno, sadono. 2012. Makro ekonomi: Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tambunan, Tulus. 2004. Perekonomian Indonesia. Jakarta : Galia Indonesia

Todaro dan Smith. 2012. Economic Development. Addison-Wesley, Pearson . Amerika.

Wardiansyah, dkk. 2016. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran: Studi Kasus Provinsi-provinsi Se-Sumatera”. Jurnal Ekononomi Sumber Daya dan Lingkungan. Vol. 5, No. 1. ISSN: 2303-1220.


Article Metrics

Sari view : 318 times
Download PDF - 1 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v6i1.697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics