OPTIMALISASI PEMBELAJARAN “E-LEARNING” MELALUI FITUR GOOGLE FORMS DAN ADD-ON DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA

Fauzih Fauzih, Yuditra Farmana, Fakhry Amin

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran online (e-learning) yang akan digunakan dalam proses perkuliahan dengan bantuan sebuah fitur bernama Google Form dan Add-On. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman khususnya pengajar dalam proses perkuliahan sehingga pemberian tugas kuliah maupun ujian dapat dilakukan secara online yang dapat memberikan hasil secara update dan cepat dan menekan biaya pembuatan tugas bagi mahasiswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi S1 jurusan Manajemen dan Akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari. Berdasarkan data sementara jumlah mahasiswa semester ganjil sebanyak 857 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 mahasiswa yang mewakili setiap angkatan semester yang telah menggunakan pembelajaran online menggunakan fitur Google Form dan Add-On.

Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan membuat model pembelajaran online dalam meningkatkan efisiensi belajar mahasiswa digunakan dengan menggunakan Google Form dan Add-On secara detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan kuis online melalui google form dan add-on sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan karena dapat mengifisiensikan biaya bagi mahasiswa. Selain itu dengan kuis online ini proses pemeriksaan hasil jawaban mahasiswa relatif cepat karena tidak memerlukan lagi pemeriksaan secara manual dimana membutuhkan waktu yang lama serta membantu pengajar dalam memberikan tugas maupun pembelajaran lebih efisien baik dari aspek waktu maupun dari aspek biaya. bagi penelitian selanjutnyadiharapkan dapat meneliti beberapa aplikasi maupun fitur pembelajaran online yang lain yang berguna dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa.

Kata Kunci: Optimalisasi, E-Learning, Efisiensi Belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ghalib, N., & Gunawan, B. I. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Guru Madrasah di Kecamatan Somba Opu Kabupaten G. Jurnal Mirai Management, 1(1), 42-49.

Pratama, Agus Eka. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung:Informatika

Rahardja, Untung. Lutfiani, Ninda, Alpansuri, dan Moch. Sandi. 2014. Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.or.id. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 8, No. 2.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

Mardiana, Tria dan Purnanto, Arif Wiyat. 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah, Magelang.

Kliksma.com. 2019. perbedaan-antara-add-on-dan-plug-in.html. diakses19 Juli 2019 dari https://kliksma.com/2015/06/perbedaan-antara-add-on-dan-plug-in.html.

Murtiyasa, Budi. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas PembelajaranMatematika. Surakarta : FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta. [On-Line].

Widadty, Atika. 2017. Analisis Efisiensi dan Produktivitas Program Studi S-1 di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Ritaudin, Isnaini. (2015). Analisis Efisiensi dan Produktivitas dari LPTKdi Indonesia. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika. Edisi 4, Volume 4, Nomor 7, September-Oktober 2015.

Zulkifli, N. 2018. Analisis Faktor Efisiensi Belajar Mahasiswa Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Riau. Educhild Vol. 7 No. 1 Tahun 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

www.Quilgo.com




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics