PENGARUH INTERNET BANKING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK BNI SYARIAH MAKASSAR

Adil Setiawan, Nur Fadhila Amri, Muhammad Ryan Darmala

Sari


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengaruh Internet Banking Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Keuangan Bank BNI Syariah Makassar. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan pada PT Bank BNI Syariah Makassar pada tahun 2016¬2018.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Internet Banking berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan pada Bank BNI Syariah. Sedangkan variabel Digital Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan pada Bank BNI Syariah Makassar. Dan dari kedua variabel Internet Banking dan Digital Marketing yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Keuangan Bank BNI Syariah Makassar yaitu variabel Internet Banking. Secara simultan, variabel Internet Banking dan Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Bank BNI Syariah Makassar.

Kata Kunci : Internet Banking, Digital Marketing, Kinerja Keuangan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andi Muhammad Yusuf, 2018, “Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Dan Gross Profit Margin Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015 – 2017”, Fakultas Ekonomi, Universitas Bosowa, Makassar.

Anthony Robert dan Govindajaran Vijai, 2011, Sistem Pengendalian Manajemen, Pamulang, Karisma Publishing Group.

Ari Setiyaningrum, dkk, 2015, “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Yogyakarta, Andi Offset.

Astri Aprianingsih, 2016, “Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014”, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Budi Riswandi, 2005, Aspek Hukum Internet Banking, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Elia Nasiroh, 2017, “Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Pendapatan Laba Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2012 –2016”,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institiut Agama Islam Negeri Surakarta,Surakarta.

Fitwie Thaya Lisyi, 2015, “Metode Pengumpulan Data”, https://fitwiethayalisyi.wordpress.com/teknologi-pendidikan/penelitian- kualitatif-metode-pengumpulan-data//, diakses pada tanggal 24 Januari 2019. 15.13 WITA.

Gunawan, B. I. (2017). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.

Irham Fahmi, 2014, “Analisis Kinerja Keuangan”, Bandung, Alfabeta.

Hannani, A., & Ilyas, G. B. (2016). Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan, Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Perawatan Mawar Lantai Ii Rsu Wisata Uit Makassar. Program Pascasarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2).

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Mirai Management, 6(1), 161-170.

Kartini Rezky Anwar, 2011, “Analisis Kinerja Keuangan Pada PT.Mega Indah Sari Makassar”, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kotler Philip dan Armstrong Gary, 2002, Prinsip Prinsip Pemasaran, Jakarta, Erlangga.

Novayanti Budiman, 2016, “Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Pradiani Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Vol 2 : 46-53.

Ruddy Tri Santoso, 1995, “Prinsip Dasar Akuntansi Perbankan”, Yogyakarta, Andi Offset.

Sri Rahayu, 2014, “Analisis Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Kinerja Keuangan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar,’ Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin, Makassar.

Suryana, 2010, “Data dan Jenis Data Penelitian”,https://csuryana.word press.com/2010/03/25/data-dan-jenis-data penelitian//, diakses pada tanggal 30 Januari 2019. 17.13 WITA.

Thamrin Abdullah, 2014, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, Raja Grafi Indo Persada Uny Pustaka, 2011, Kajian Teori Kinerja Keuangan, Yogyakarta

Yuslia Naili, 2018, “Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Diy)”, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.708

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics