Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Penjualan Umkm Di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung

Wayan Aldiyana, Yuniarti Fihartini, Mudji Rachmat Ramelan

Sari


Introduction/Main Objectives: This research aims to determine the influence of Facebook social media on MSMEs sales in Pringsewu Regency, Lampung Province. The research method used is quantitative. The sample in this study was 160 MSMEs originating from Pringsewu and engaged in the culinary sector. Sampling used purposive sampling technique and hypothesis testing was carried out using SPSS 2.0 for Windows. The research results show that there is a significant influence of Facebook Social Media on Sales. This is because if the use of Social Media is done effectively and accurately then sales will also increase.

Keywords:
Facebook Social Media, Sales, MSMEs

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aisyah, S., Hutasuhut, M. A., Lubis, M. I., Nabila, V. S., Rizkia, A., & Ananda, F. D. (2023). Pengabdian Masyarakat Pada UMKM Toko Baju Rizky Central Pasar Dalam Mengimplementasikan Teknologi Marketplace Facebook. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1643-1657.

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Aly, H. (2022). Digital transformation, development and productivity in developing countries: is artificial intelligence a curse or a blessing? Review of Economics and Political Science, 7(4), 238–256. https://doi.org/10.1108/reps-11-2019-0145

Arum A. K., Juliono, dan Aditia Yudis P. (2018). Pemanfaatan E-Commerce pada UMKM di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu, Vol. 3, No.2, 84-94

Ayuni, Q., Cangara, H., dan Arianto (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. Vol. 23, No.2, Hlm 129-141

Bernadeta W. A. P., Heri P., Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 3, No. 4. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Bonifasius H. T. dan Jhon F. S. (2021). Analisis Pelaksanaan Kas Kecil (Petty Cash) Pada PT Deli Jaya Samudera. JEB Online, Journal of Economics and Business, Vol. 03, No.01, Hal (41-48)

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68-75.

Fauzi, F., Irviani, R., & Mukodimah, S. (2020). Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Home Industry Berbasis Media Sosial Dalam Upaya Memberdayakan Ibu Rumah Tangga Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 55-68.

Devia, Z dan Astuty E. (2022). Social Media Marketing: Activities and Its Impact to The Sales Performance. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. IEOM Society International, Istanbul, Turkey

Eltayib, Nuha Hassan Elmubasher; Asmita Manish Chandrakant Bhimani; Ishita Ashok kumar Gandhi dan Twinkle Sanfeev Anilkant Kamdar. (2018). The Effect of Social Media Marketing in Small Business Performance. International Journal of Novel Research in Marketing Management and Economics, 5(1), pp: (141-147)

Feky Reken, Basri Modding dan Ratna Dewi. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Jurnal Tata Kelola, Vol. 7 No. 2.

Gangga A., Artanti A., M. Athoillah. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Jurnal Budimas, Vol. 03, No. 02.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, Rahmad Solling dan Suhardi M. Anwar. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar danAplikasi dengan Program Smart PLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. Jakarta: PT Inkubator Peneliti Indonesia.

Harahap, R. A., & Luthfie, I. H. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Tahun 2020 (Studi Kasus: Telkom Cijawura). Vol. 6, No.2.

Hikmawati dan Sahla, W.A. (2022). Technological Capital Mediation on the Effect of Pemasaran Digital in Increasing MSMEs Sales in Batola Regency. Ilomata International Journal of Social Science. Vol. 3, hlm 337-349.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114-133.

Kemenkopukm. (2022). “Data UMKM”. Diambil dari website resmi Kemenkopukm melalui https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?DtDtc5x16oENaz3nZ5OvU8KX0rULDSz3Ew5qSF4y0EAAjB1db6

Kementerian Koperasi dan UMKM. (2021). “RI Kejar 30 Juta UMKM Go Digital Hingga 2024”, situs resmi Kementerian Koperasi dan UMKM, diakses melalui https://kemenkopukm.go.id/read/ri-kejar-30-juta-umkm-go-digital-hingga-2024

Kusnindar, A. A., Juliono, Aditia Y. P. (2018). Pemanfaatan E-Commerce pada UMKM di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu, Vol. 3 No. 2, hlm. 84-94. https://www.researchgate.net/publication/356192480

Lakhsmi, Afraa dan Ankita. (2017). A study on impact of social media on small and Medium enterprises. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR). Vol. 2, Issue 11.

Mustari, Muhammad D., Tuti S. dan Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, Vol. 3, No. 1.

Munandar, J. M., Widyastuti, H., Zahra, N., & Handayani, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Pemasaran UMKM melalui Pelatihan Perbaikan Kemasan dan Penjualan di Marketplace di Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Bogor. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 9(3), 404-412.

Nadya, M., Yuanita S., Lia N. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Griya Manik di Desa Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol.13, No.2

Nasiri, M., Saunila, M., & Ukko, J. (2022). Digital orientation, digital maturity, and digital intensity: determinants of financial success in digital transformation settings. International Journal of Operations and Production Management, 42(13), 274–298. https://doi.org/10.1108/IJOPM-09-2021-0616

Nirmala, N., & Wijayanto, W. (2021). Minat Berwirausaha Kaum Wanita di Kota Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 282-290.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu. (2022). “UMKM di Kabupaten Pringsewu Didominasi Usaha Mikro”. Diakses dari situs resmi Pemda Kabupaten Pringsewu melalui https://www.pringsewukab.go.id/detailpost/umkm-di-kabupaten-pringsewu-didominasi-usaha-mikro

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), pp. 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.

Priambada, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015, 2015.

Putri, A.O. (2022). Pengaruh Media Sosial Facebook terhadap Penigkatan Omset Penjualan Umkm (Studi Kasus Pedagang Kuliner Umkm di Kecamatan Ujungbatu. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 4, No.1, Hlm 568-578.

Rachinger, M., Rauter, R., Müller, C., Vorraber, W., & Schirgi, E. (2019). Digitalization and its influence on business model innovation. Journal of Manufacturing Technology Management, 30(8), 1143–1160. https://doi.org/10.1108/JMTM-01-2018-0020

Rezma, A., Elsa, R., and Zahrotun, A. (2022). The Influence of Facebook Advertising on Increasing Sales of Micro, Small, and Medium Enterprise Products in Bandung. International Journal of Research and Applied Technology. Vol. 2, No. 1: 233-239.

Satria, R., & H, A. R. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk Kartu AS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, Vol. 2, No. 3.

Silvano, G., and Mbogo, C. (2022). Impact of Social Media Marketing on Small Businesses’ Sales Performance: A Case of Women Clothing Stores in Nyamagana District, Tanzania. International Journal of Engineering, Business and Management (IJEBM). Vol. 6, Issue 2, Hlm 70-82.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Theandra, R. (2022). Pengaruh Context, Communication, Collaboration, dan Connection dalam Instagram terhadap Minat Beli Produk Porkita. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 7, No. 6: 727-737.

Sumber Buku :

Buku : Prinsip prinsip pemasaran (2020), jilid 2 edisi 12 by Philip Kotler Gary Amstrong..

Internet

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2023/02/13/19300087/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-212-9-juta-di-awal-2023

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/2023/02/14/14020097/orang-indonesia-internetan-lebih-dari-7-jam/sehari-paling-sering-buka-wa-dan-ig




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7240

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics