Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Media Sosial Instagram @sukabumi_

Ardiansyah Nugraha, Syti Sarah Maesaroh, Asep Nuryadin

Sari


Media sosial adalah alat penting dalam pemasaran modern, tetapi tidak semua bisnis dapat menggunakannya secara efektif untuk mencapai engagement yang tinggi. Akun Instagram @sukabumi_ mengalami penurunan engagement, sehingga tidak mencapai KPI yang diharapkan oleh perusahaan dan klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing terhadap customer engagement pada akun Instagram @sukabumi_. Content marketing dievaluasi berdasarkan dimensi strategi, aktivitas, dan hasil, sedangkan customer engagement diukur melalui dimensi antusiasme, partisipasi, dan interaksi, yang jarang digunakan oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kausal, mengumpulkan data melalui survei dari pengikut akun Instagram @sukabumi_ menggunakan teknik cluster sampling. Data diolah menggunakan software SPSS versi 26 dengan analisis uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa content marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement, dengan kontribusi sebesar 60,8%. Setiap peningkatan satu satuan dalam content marketing meningkatkan customer engagement sebesar 1,357. Namun, penelitian juga menemukan rendahnya interaksi pada content, yang menjadi salah satu penyebab utama penurunan engagement. Penelitian ini menyarankan bahwa bisnis perlu fokus pada strategi content marketing yang tidak hanya menarik tetapi juga mendorong interaksi aktif dari pengikut. Penelitian ini terbatas pada pengikut akun Instagram @sukabumi_ dan mungkin tidak dapat digeneralisasi ke populasi yang lebih luas
Kata Kunci:
Media_sosial, Instagram, marketing, content_marketing, customer_engagement

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja pressindo.

Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.726

Athaya, N. A., & Fitria, A. (2023). Pengaruh Content Marketing TikTok terhadap Customer Engagement (Studi Kuantitatif pada Akun TikTok SilverQueen Selama Masa Campaign Banyak Makna Cinta). Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.59408/netnografi.v1i2.11

Chaffey, D. (2019). 8 Business-Critical Digital Marketing Trends For 2019. Smartinsights. https://www.smartinsights.com/managing-digital-marketing/marketing-innovation/business-critical-digital-marketing-trends/

Chandra, C. N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID). Prologia, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10116

Claesson, A., & Jonsson, A. (2017). The Confusion of Content Marketing: a study to clarify the key dimensions of content marketing. In https://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:hkr:diva-16932. School of health and society.

Collins, F. R. (2023, July 20). Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Pemasaran Konten?

Fadillah, S. N., & Setyorini, R. (2021). Analisis implementasi strategi content marketing dalam menciptakan customer engagement di media sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 15(2).

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed., Vol. 10). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Kotler, P. (2019). marketing 4.0 : bergerak dari tradisional ke digital. In hermawan kartaya & iwan setiawan (Eds.), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. PT Gramedia Pustaka Utama.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. In Pascal Books. Pascal Books.

Pulizzi, J. (2013). Epic Content Marketing: How to Tell a Different Story, Break through the Clutter, and Win More Customers by Marketing Less. In M. Brenner (Ed.), McGraw-Hill Education (2.0). McGraw Hill LLC. https://books.google.co.id/books?id=8dprAAAAQBAJ

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).

Scrunch. (2024, May 10). What is a Good Engagement Rate on Instagram? Scrunch. https://scrunch.com/blog/what-is-a-good-engagement-rate-on-instagram

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Testoefl.Id. Jurnal Ecoment Global, 7(2). https://doi.org/10.35908/jeg.v7i2.2193

Totok, H., & Azizah, S. N. (2021). Pengantar Praktis Pemasaran Digital. In UM Purwokerto Press (Anggota APPTI). UM Purwokerto Press.

Vivek, S. D. (2009). A Scale Of Consumer Engagement [The University of Alabama]. In The University of Alabama. https://www.proquest.com/openview/37c28b386791bf7590cf43eb74cb84e8/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750

Yaghtin, S., Safarzadeh, H., & Karimi Zand, M. (2020). Planning a goal-oriented B2B content marketing strategy. Marketing Intelligence & Planning, 38(7), 1007–1020. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-0559




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7267

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics