Pengaruh Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, dan Information Sharing Terhadap Keunggulan Bersaing Produsen Buah Sawit Di Provinsi Lampung (Studi pada Produsen Buah Sawit yang Bermitra dengan CV. Dewi Sawit Mandiri)

Mochammad Rifandi Ricardiansyah, Driya Wiryawan, Nurul Husna

Sari


Introduction/Main Objectives: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship dan Information Sharing terhadap Keunggulan Bersaing Produsen Buah Sawit di Provinsi Lampung. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi wawasan pengetahuan terhadap kegiatan usaha di bidang agroindustri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2). Kemudian tahap analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik Supply Chain Management (SCM) terdiri dari 3 dimensi yaitu kemitraan pemasok strategis (strategic supplier partnership), hubungan pelanggan (customer relationship), dan berbagi informasi (information sharing) secara bersamaan atau bersama-sama. sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Saran peneliti bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar pengambilan sampelnya dapat diperluas dan variabel independen yang digunakan juga dapat lebih diperdalam lagi sehingga dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang kemungkinan mempengaruhi keunggulan bersaing.
Keywords:
Produsen Buah Sawit, Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, Information Sharing, Manajemen Rantai Pasok

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agus, A., & Hassan, Z. (2008). The Strategic Supplier Partnership in a Supply Chain Management with Quality and Business Performance. International Journal of Business and Management Science (Vol. 1, Issues 2). https://search.informit.org/doi/abs/10.3316/INFORMIT.719407054646337

Andarini, M., & Laely, N. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Industri Makanan Di Bakorwil II Jawa Timur. Online) Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/898

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Rineka Cipta : Jakarta

Ariani. (2013). ANALISIS PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada IKM Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat). (Skripsi Sarjana, Universitas Diponegoro). http://eprints.undip.ac.id/40107/

Audrey, G., & Wijayanto, A. (2022). PENGARUH DIMENSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM COFFEE SHOP DI KOTA SEMARANG. Dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 11, Nomor 4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Berfikir, K., Kuantitatif, P., Zahra Syahputri, A., Della Fallenia, F., Syafitri, R., Lubis, R. N., Wulan, S., & Lubis, D. (2023). Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., R., Setiani, A., Israwan, S., P., Sosjady., S., M., & Wijoyo., H. (2023). The Role of Supply Chain Management Practices on Competitive Advantage and Performance of Halal Agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1). https://m.growingscience.com/beta/uscm/5834-the-role-of-supply-chain-management-practices-on-competitive-advantage-and-performance-of-halal-agroindustry-smes.html

Elfadina, Elissa (2020, Agustus). Story of Kelapa Sawit Lampung. https://wartaekonomi.co.id/read299732/story-of-kelapa-sawit-lampung

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.

Huda, M., & Hartati, N. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI TERHADAP SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Soshum Insentif, 5 (1), 28–35. https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/646

Huda, M., Aminudin, A., & Wusko, A.,U. (2018). Pengaruh Information Sharing, Long Term Relationship, Coopera-tion, dan Integration dalam Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/malia/article/view/1258

Husna, N., Febrian, A., Wulan, M. N., Lihan, I., & Lampung, U. (2022). PERAN PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPI TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG. Dalam Jurnal Bisnis STRATEGI • (Vol. 31, Nomor 1).

Jogiyanto, Hartono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE UGM.

Lagat, C., Koech, J., & Kembo, A (2016). Supply Chain Management Practice, Customer Satisfaction and Customer Loyalty, European Journal of Business and Management (Vol. 8, No. 21).

Laurencia, S., & Alhazami, L. (2023). PENGARUH STRATEGIC SUPPLIER PARTNERSHIP DAN GREEN INNOVATION CULTURE TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE PADA GLOBAL SUPPLY CHAIN (Studi Kasus Pada Kosmetik XYZ). 3(2). https://ijebef.esc-id.org/index.php/home/article/view/111

Makalew, A. G., Jan, A. H., & Karuntu……, M. M. (2019). ANALISIS PERAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. MITRA KENCANA DISTRIBUSINDO MANADO ANALYSIS OF THE ROLE OF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT ON COMPETITIVE ADVANTAGE IN PT. MITRA KENCANA DISTRIBUSINDO MANADO. 5446 Jurnal EMBA, 7(4), 5446–5455.

Nathania, Arini Putri (2022). Tinjauan Penerapan Standar Operational Prosedur Pembuatan Polis Standar Asuransi Kendaraan pada PT MNC Insurance (Cabang Kota Bandung). (Skripsi D3, Universitas Widyatama). http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/15178

Raab, Gerhard., & Goddard., GJ. (2016). Customer Relationship Management A GlobalPerspective. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vK0oDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Raab+%26+Goddard,+2016+customer+relationship&ots=ZOM-Zl7hxD&sig=suSdUB_OGgNRRv5kgm0-EiJrlic&redir_esc=y#v=onepage&q=Raab%20%26%20Goddard%2C%202016%20customer%20relationship&f=false

Sarwono. Sarlito W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Metode Penelitian untuk Bisnis. Dalam Pendekatan Membangun Keterampilan (Edisi 7, hal. 237-266). Chichester: Wiley.

Singh dkk. (2010). Pengaruh Praktik Manajemen Rantai Pasok terhadap Keunggulan Bersaing. Supply Chain Integration and Performance: A Literature Review. Journal of Supply Chain Management Systems (Vol 2, Issue 1, p37).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih.. 2001. SPSS Versi 11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tarigan, Z. J. H., & Siagian, H. (2021). The effects of strategic planning, purchasing strategy and strategic partnership on operational performance. Uncertain Supply Chain Management, 9(2), 363–372. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.2.006

Ueki, Yasushi. (2013). Supply Chain Collaboration and Responsiveness: A Comparison between Thai Automotive and Electronics Industries. Institute of Developing Economies

Victor, C., Jorie, R., Sumarauw Pengaruh, J., Victor, C., Jopie Jorie, R., Sumarauw, J. S., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2015). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. BANK BCA TBK. DI MANADO. Customer Relationship Management… Jurnal EMBA, 671(2), 671–683.

Wiryawan, D., Zaini, TM., & Aryadi. (2021). PENGELOLAAN DATA PRODUKSI PADA CV. SUMBER PROTEINA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Informatika, 21 (1), 74-83. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalInformatika/article/view/2871




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7304

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics