Pengaruh Key Opinion Leader (KOL) dan Negative Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Produk Luxcrime

Althaffiani Rosa Azizah, Dorothy Rouly Haratua Pandjaitan, Nurul Husna

Sari


Introduction/Main Objectives: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Key Opinion Leader (KOL) dan Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap minat beli produk Luxcrime. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 110 calon konsumen yang merupakan pengguna media sosial. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari Key Opinion Leader (KOL) dan Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap minat beli produk Luxcrime. KOL memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan Negative Electronic Word of Mouth (eWOM). Hal ini menunjukkan bahwa Key Opinion Leader (KOL) memiliki peran yang lebih penting dalam mempengaruhi minat beli konsumen dibandingkan dengan Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) .Penelitian ini memiliki beberapa implikasi bagi Luxcrime. Pertama, Luxcrime perlu menjalin kerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL) yang tepat untuk meningkatkan minat beli konsumen. Kedua, Luxcrime perlu memantau Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Ketiga, Luxcrime perlu meningkatkan kualitas produk dan layanannya untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan mengurangi Negative Electronic Word of Mouth (eWOM)
Keywords:
Key Opinion Leader, Negative Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Produk Luxcrime

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Auliah, D. A., Utamidewi, W., & Kusumaningrum, R. (2022). EFEKTIVITAS KONTEN VIDEO BEAUTY VLOGGER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK MAKE UP LUXCRIME. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3312-3322.

Bae, S., and T. Lee. 2011. “Product Type and Consumers’ Perception of Online Customer Reviews.” Electron Markets 21 (4): 255– 266.

Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). Strategi Penggunaan Key Opinion Leader (KOL) Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Sania Royale Soya Oil. Konvergensi: jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 3(1).

Bamakan, S. M. H., Nurgaliev, I., & Qu, Q. (2019). Opinion leader detection: A methodological review. Expert Systems with Applications, 115, 200–222

Beneke, J., de Sousa, S., Mbuyu, M., & Wickham, B. (2016). The effect of negative online customer reviews on brand equity and purchase intention of consumer electronics in South Africa. The international review of retail, distribution and consumer research, 26(2), 171-201.

Berger, J., A. T. Sorensen, and S. J. Rasmussen. 2010. “Positive Effects of Negative Publicity: When Negative Reviews Increase Sales.” Marketing Science 29 (5): 815 –827.

Dewi, A. S., Inayati, T., & Efendi, M. J. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202-209.

Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Fauzia,. K. Z., & Purnama, H. (2021). Pengaruh Terpaan Pesan Digital Key Opinion Leaders Terhadap Citra Merek Perusahaan Fotografi Pernikahan Muslim Aspherica. E-Proceeding of Management, 8(4), 2355-9357.

Fandy Tjiptono & Diana Anastasia. (2016). Kita Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hamiyah, S. N. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERILAKU KONSUMEN DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE NATASHA DI BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Handoko, N. T., & Melinda, T. (2021). Effect of Electronic Word of Mouth on Purchase Intention Through Brand Image As Media in Tokopedia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(4).

Haque, A., Kabir, S. M. H., Tarofder, A. K., Rahman, M. M., & Almalmi, A. (2020). WHAT IMPACT CONSUMERS’NEGATIVE EWOM PURCHASE INTENTION? EVIDENCE FROM MALAYSIA. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9), 310-325.

He, W., & Jin, C. (2022). A study on the influence of the characteristics of key opinion leaders on consumers’ purchase intention in live streaming commerce: based on dual-systems theory. Electronic Commerce Research, 1-31.

Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11-18.

Ilmi, L. W. M., & Mahendri, W. (2023). Pengaruh Key Opinion Leader, Trustworthiness Dan Risk Perception Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Ms Glow. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), 2(2), 403-411.

Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2020). The effect of electronic word of mouth communications on intention to buy: A meta-analysis. Information Systems Frontiers, 22, 1203-1226.

Khoiruddin, A. M. M., & Noor, S. (2024). Citra Merek, Label Halal, dan Key Opinion Leaders pada Minat Beli Kopi “Cakra Rasa”. JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 2(1), 16-28.

Khoirunnisa, S. S., & Pinandito, A. (2023). Pengaruh Atribut Key Opinion Leader (KOL) pada Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada Bootcamp Online. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1929-1934.

Li, L., Chen, C., Huang, W., Xie, K., & Cai, F. (2018). Explore the Efects of opinion leader’s characteristics and information on consumer’s purchase intention: Weibo case. In 2018 15th international conference on service systems and service management (ICSSSM) (pp. 1–6). IEEE.

Liu, J., Zhang, Z., Qi, J., Wu, H., & Chen, M. (2019). Understanding the impact of opinion leaders’ characteristics on online group knowledge-sharing engagement from in-group and out-group perspectives: Evidence from a Chinese online knowledge-sharing community. Sustainability, 11(16), 4461

Luk, C. C., Choy, K. L., & Lam, H. Y. (2019). A multi-criteria key opinion leader selection model for digital marketing in E-commerce business. In Symposium on logistics (p. 180).

Ruchiat, A., & Finda, E. (2023). PERAN KEY OPINION LEADER (KOL) MUJIGAE PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. Sintesa, 2(01), 99-122.

Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019). Strategi Kampanye Public Relations melalui Peran Key Opinion Leader di Indonesia. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 88-96Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Satriadi, S., Tubel Agusven, S. T., Elvi Lastriani, S. E., Triyani Capeg Hadmandho, M. B. A., Ramli, R. A. L., Annisa Sanny, S. E., ... & KM, S. (2022). Manajemen pemasaran. CV Rey Media Grafika.

Solomon, M. (2013). Consumer behavior: Buying, having, and being (10th ed.).Pearson.

Vindiazhari, N. R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER TASYA FARASYA TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN GENERASI Z DI WILAYAH KOTA BANDUNG. Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 483-496.

Zhang, J. Q., Craciun, G., & Shin, D. (2010). When does electronic word-of-mouth matter? A study of consumer product reviews. Journal of Business Research, 63(12), 1336-1341.

Zhang, H., Takanashi, C., Gemba, K., & Ishida, S. (2015). Empirical research on the influence of negative electronic word-of-mouth on brand switching behavior. World Journal of Management, 6(2).

Zinko, R., Patrick, A., Furner, C. P., Gaines, S., Kim, M. D., Negri, M., ... & Villarreal, C. (2021). Responding to negative electronic word of mouth to improve purchase intention. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(6), 1945-1959.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7305

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics