Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada UMKM “Skincare Anzora Melalui E-commerce Shopee” di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung)

Syahril Daud, Anjelina Tungkir, Putri Indriani, Viona Avrilia

Sari


Penelitian bertujuan demi mengidentifikasi bagaimana ulasan dan penilaian pelanggan online mempengaruhi pembelian Anzora Skincare yang dilakukan melalui E-commerce Shopee Bandar Lampung. Jumlah yang diambil dalam sampel ini sebanyak 80 responden melalui kuesioner online dan data di olah menggunakan SPSS windows versi 27. Metodologi penelitian studi ini bersifat kuantitatif. Uji t, uji f, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, serta uji asumsi klasik adalah metode analisis data yang digunakan. Menurut temuan analisis, peringkat dan ulasan pelanggan online secara signifikan serta cukup mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Anzora Skincare. Penelitian ini memberikan informasi terkait keputusan pembelian skincare yang menekankan produk dan kualitas sehingga adanya manfaat penggunaan skincare dalam perawatan wajah
Keywords:
Online customr review, online customer rating, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/01/15/5-e-commerce-denganpengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website ECommerce. Brawijaya Knowledge Garden, 1–139.

Luh Kadek Budi Martini, Ejasa Sembiring, & Frandy Paulus. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67

Munawaroh, D. S., Sarnianto, P., Putriana, L., Kefarmasian, M. I., Farmasi, F., Pancasila, U., & Pancasila, U. (2024). PENGARUH HARGA , ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SUPLEMEN KESEHATAN PADA E-. 8(1), 80–95.

Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Simangunsong, R., & Morina. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2),

–149. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i2.413

Skincare Bandar Lampung. (2024). Skincare Anzora Dark Spot. https://id.shp.ee/qJbsQxD

Sugiyono, SE Suliyanto, S. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=MGO s5rkAAAAJ&citation_for_view=MGOs5rkAAAAJ:ji7lAbPyDbYC

Yuki Kristina Lase. (2023). Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Metode Belanja

Online. https://data.goodstats.id/u/yukilase




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics