Literature Review: Tingkat Kepuasan Pasien Jkn Dan Non-Jkn Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit

Muhammad Hidayat, Aep Ratnajaya, Muh Agung Gunadi, Eka Hesti Hastuti, Dewa Ayu Vania Novista Anjani, Vip Paramarta

Sari


Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini melakukan telaah literatur terhadap 10 jurnal nasional yang meneliti hubungan antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien, khususnya dalam konteks peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan pasien umum. Hasil telaah menunjukkan bahwa dimensi mutu pelayanan seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik sangat memengaruhi tingkat kepuasan pasien. Status kepesertaan JKN juga menjadi variabel penting yang menentukan persepsi dan kepuasan pasien. Penelitian ini memperkuat urgensi penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kementerian Kesehatan dan metode survei dari Kemenpan-RB serta pendekatan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menilai efektivitas layanan kesehatan secara komprehensif.

Kata kunci : Kepuasan pasien, mutu pelayanan, JKN, BPJS, SERVQUAL, SPM, CSI

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Archive of Community Health (2022). https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/81464

Buku Kinerja Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2022 -2023. (2023). Transformasi Kesehatan Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Dan Unggul. Jakarta: Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jurnal Intelek Insan Cendekia (2024). https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/282

Journal of Cahaya Mandalika (2023). https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/380

Jurnal SIstem Informasi dan Ilmu Komputer Primadina. http://urnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUSIKOM/article/view/593

Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (2024). https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/7047

Journal of Public Health Innovation (2023). https://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jphi/article/view/396

Journal of Health Management Research (2022). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article/view/2605749

Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo. https://jurnal.stikes-yrsds.ac.id/JMK/article/view/317

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Media Bina Ilmiah (2024). Pengaruh Tarif Rawat Inap dan Standar Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien JKN. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.680

Pamungkas, Agung Laksana Hendra dkk. (2023). Gambaran Tingkat Kepuasan Rawat Inap Peserta JKN Terhadap Kualitas Pelayanan Di RSU Islam Harapan Anda. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, Volume 3 Number 2. 1 – 10.

Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi. https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/388

Ria, Putri Zevanya, dkk. (2025). Analisis Perbandingan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality dalam Mengukur Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Royal Prima. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima, Vol. 8 No. 2, 1-11.

Wibowo, Adik dan Septiara Putri. (2021). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah Dengan Metode Systemic Review Edisi Pertama. Jakarta: Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8901

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics