Pengaruh Kualitas Produk, E-Word Of Mouth Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Fashion Pada E-Commerce “Shopee” (Studi Kasus Masyarakat Kota Yogyakarta)

Lilis Karlina, Nursa Fitri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualita produk, electronic word of mouth, dan live streaming terhadap keputusan pembelian konsumen fashion di e-commerce Shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 responden yang terdiri dari masyarakat Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitasnya menggunakan Pearshon Correlation, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) tidak berpengaruh positif terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen fashion di e-commerce Shopee dengan nilai regresi sebesar 0,104 dan tingkat signifikansi sebesar 0,186. Electronic word of mouth (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen fashion pada e-commerce Shopee dengan nilai regresi sebesar 0,317 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Live sreaming (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen fashion pada e-commerce Shopee dengan nilai regresi sebesar 0,480 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Besarnya pengaruh kualitas produk, electronic word of mouth, dan live streaming mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen fashion di e-commerce Shopee sebesar 71% sedangkan sisanya sebesar 29% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23. https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3206

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Amrullah, A., Ingkadijaya, R., Ratnaningtyas, H., & Zuleika, A. K. (2023). Apakah pengaruh word of mouth lebih besar dibanding promosi media sosial instagram terhadap keputusan pembelian? At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 104. https://doi.org/10.31602/atd.v7i1.10146

Anisa, -, R. R., & Nurul Chamidah. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230

Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6638. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p13

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Manajemen, 1–114.

Effendi, U. (2021). Implikasi Iklan Brosur, Kualitas Produk Dan Citra Merek. In Yayasan Barcode.

Farera, A., Diarya, G., & Raida, V. (2023). PENGARUH LIVE STREAMING TIKTOK TERHADAP KEPERCAYAAN. 11(2), 125–133.

Garvin, D. A. F. T. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gircela, D., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(1), 09–24. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i1.45

Harisandi, P., Yahya, A., Risqiani, R., & Purwanto, P. (2023). Peran Harga dan Citra Merek dalam Mediasi Pengaruh E-Word to Mouth terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi TikTok. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 277–285.

Hermanto, M. T., & Indriyanti, I. S. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WORD-OF-MOUTH INTENTION PADA PELANGGAN SUSHI TEI DI DKI JAKARTA. 2(3), 91–106.

hidayat fahrul, D. (2023). PENGARUH FLASH SALE DAN LIVE STREAMING TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI IMPLUSIVE BUYING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.

Ilhamalimy, R. R., & Mahaputra, M. R. (2021). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 1(1), 85–97.

Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942–2955. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9854

Marlius, D., & Mutiara, M. (2022). PENGARUH MEREK, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Jurnal Economina, 1(4), 768–783. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.169

Maryari, M. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Prasetyaningrum, I. D., & Rahmawati, N. I. (2023). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, ELECTRONIC WORD of MOUTH, dan CITRA MERK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SITUS E – COMMERCE LAZADA DI KOTA SEMARANG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(1), 345–355. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46586

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.204

Ryusei. (2021). No Title. Https://Ryusei.Co.Id/Id/Blogs/News/Seperti-Apa-Produk-Fashion-Yang-Terjamin-Kualitasnya-Ini-Dia-5-Ciri-Cirinya. https://ryusei.co.id/id/blogs/news/seperti-apa-produk-fashion-yang-terjamin-kualitasnya-ini-dia-5-ciri-cirinya

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Susanti, I. D., Waru, A. P. D. T., & Janah, Y. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Natasha Skin Care Jakarta Pusat. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 28–31. https://doi.org/10.31294/jab.v3i1.2020

V. Wiratna Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Deepublish.

Winalda, I. T., Sudarwanto, T., & Produk, K. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN. 10(1), 1573–1582.

Wintang, F. P., & Pasharibu, Y. (2021). Electronic Word of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 115–124.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9318

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics