Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Berdasarkan Kualitas Produk Kopi Lawe Di Kota Surakarta

Mei Sindi Yudha, Septi Handayani, Lia Saputri, Yudha Tegar Prakoso, Marjam Desma Rahadhini

Sari


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh preferensi konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kopi Lawe di Kota Surakarta. Dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei melalui kuesioner, penelitian ini melibatkan sebanyak 84 responden yang merupakan konsumen produk kopi Lawe. Variabel yang diteliti meliputi preferensi konsumen, kualitas produk, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen dipengaruhi oleh faktor rasa, aroma, harga, dan citra merek, sementara kualitas produk dinilai berdasarkan aspek rasa, aroma, kemasan, harga, dan citra merek. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square mengindikasikan bahwa baik preferensi maupun kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pelaku bisnis kopi untuk meningkatkan kualitas produk dan menyesuaikan strategi pemasaran guna memenuhi preferensi konsumen dan meningkatkan penjualan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Apriliawati, I. P., Arlita, E., Erlinda, K. H., & Rahadhini, Md. (2024). Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Berdasarkan Kualitas Produk Point Coffe Kota Surakarta. Jurnal EMA, 9(1), 75. https://doi.org/10.51213/ema.v9i1.426

Brama Kumbara, V. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Damayanti, A., Irianto, H., & Widadie, F. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPI LAWE DI KOTA SURAKARTA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. Jurnal Agristan, 5(2), 320–339. https://doi.org/10.37058/agristan.v5i2.8465

Gircela, D., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(1), 09–24. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i1.45

Karamoy, F. J., Areros, W. A., & Sambul, S. A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembeli Biji Kopi pada Revaco Roastory. 2(4).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing management (15. ed). Pearson.

Marie, A. L., & Budi, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan The Breeze, Bumi Serpong Damai. 25(2).

Muas, S. A., Busaeri, S. R., & Rasyid, R. (2023). ANALISIS FAKTOR PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH KEDAI KOPI (COFFEE SHOP). Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 4(2), 137. https://doi.org/10.33096/wiratani.v4i2.160

Nur Rokhmad Nuzil & Nofan. (2024). Pengaruh Preferensi Konsumen, Digital Marketing, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Edelweiss Wonokitri, Pasuruan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(12). https://doi.org/10.47467/elmal.v5i12.4882

Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2020). PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1379. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p08

Sudirjo, F., Ausat, A. M. A., Suherlan, S., & Azzaakiyyah, H. K. (2024). Understanding Psychological Dynamics in Consumer Decision-Making Processes in the Digital Marketing Era: A Review. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 635–644. https://doi.org/10.54082/jupin.384

Sukmawati, A., Handoko, T., & Choerudin, A. (2024). Stratregi Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Coffee Shop Soloraya (Studi Kasus Coffee Janji Jiwa).

Triahartari, N. A., & Adi, R. K. (2025). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pada Haluan Kopi di Kota Surakarta. Agricultural Socio-Economic Empowerment and Agribusiness Journal, 3(2), 96. https://doi.org/10.20961/agrisema.v3i2.90704

Utama, W. P., Andhika, B. R. D., Fahrian, A. R., & Luthfiyah, S. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KOPI KENANGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis), 3(2), 130–138. https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i2.6291




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9452

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics