Analisis Promosi Flash Sale Pada Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Produk Skincare The Originote Di E-Commerce Shopee
Sari
Kata Kunci: Flash Sale, Pembelian Impulsive, E-commerce
This study aims to to analyze flash sale promotional strategies and how they shape impulsive buying behavior among customers of The Originote skincare products on the Shopee e-commerce. The research adopts a qualitative method with a descriptive approach. It involves five informants who are students from Universitas Teknologi Digital, active Shopee users, and have previously made impulsive purchase during flash sale events. The findings suggest that flash sale promotions can stimulate impulsive buying behavior through several contributing factors, including substantial price discounts, limited-time offers, and exclusive deals that create a sense of urgency. These factors tend to drive consumers to make spontaneous purchases without prior planning. This study provides insights capture consumer attention and encourage impulsive buying, particularly in the marketing of skincare products through ecommerce platform.
Keyword: Flash sale, Impulsive Buying, Ecommerce
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Ardiva, E., Hudaya, S., Maharani, Dwi, F., & Rozak, AW, R. (2024). SELF CONTROLDARI DAMPAK IMPULSIVEBUYINGDALAME-COMMERCEDI KALANGAN MASYARAKAT. Neraca, Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 269–278.
Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601
Ayu, I. G., Indraswari, D., Akuntansi, J. S., Ekonomi, F., & Mataram, U. (2024). Analisis Pengendalian Diri dan Akuntansi Biaya terhadap Perilaku Pengeluaran Berlebihan pada Promosi Shopee Abstrak diri atau bisa di sebut juga impulsive buying . Dalam konteks berbelanja , pengendalian diri yang tidak diperlukan , meskipun ada tawaran p. 5(2), 531–543.
Debora, N., & Setiobudi, A. (2024). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22. 1.
Heridiansyah, J., Melati, E. R., & Budiyono, R. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 190–206. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.629
Kusuma, R. A., & Nurhadi, N. (2024). Pengaruh Flash Sale, Bebas Biaya Pengiriman, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Gresik. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 4323–4334. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.886
Mandiri, J. A., Ismail, Y. L., & Ramlan Amir Isa. (2024). Pengaruh Produk Bundling dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Produk Skincare The Originote di Kota Gorontalo. Economic Reviews Journal, 3(2), 1028–1041. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.242
Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 109–120. https://journal.uii.ac.id/selma/index
Wijaksana, F., & Elsina, R. (2023). Implikasi Yuridis Strategi Flash Sale oleh Pelaku Usaha E-Commerce. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(1), 257–269. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i1.179
Wulandari, D. A., & Edastama, P. (2022). Pengaruh gratis ongkir, flash sale, dan cashback atas pembelian impulsif yang dimediasi emosi positif. 2–9.
Ardiva, E., Hudaya, S., Maharani, Dwi, F., & Rozak, AW, R. (2024). SELF CONTROLDARI DAMPAK IMPULSIVEBUYINGDALAME-COMMERCEDI KALANGAN MASYARAKAT. Neraca, Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 269–278.
Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601
Ayu, I. G., Indraswari, D., Akuntansi, J. S., Ekonomi, F., & Mataram, U. (2024). Analisis Pengendalian Diri dan Akuntansi Biaya terhadap Perilaku Pengeluaran Berlebihan pada Promosi Shopee Abstrak diri atau bisa di sebut juga impulsive buying . Dalam konteks berbelanja , pengendalian diri yang tidak diperlukan , meskipun ada tawaran p. 5(2), 531–543.
Debora, N., & Setiobudi, A. (2024). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22. 1.
Heridiansyah, J., Melati, E. R., & Budiyono, R. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 190–206. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.629
Kusuma, R. A., & Nurhadi, N. (2024). Pengaruh Flash Sale, Bebas Biaya Pengiriman, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Gresik. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 4323–4334. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.886
Mandiri, J. A., Ismail, Y. L., & Ramlan Amir Isa. (2024). Pengaruh Produk Bundling dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Produk Skincare The Originote di Kota Gorontalo. Economic Reviews Journal, 3(2), 1028–1041. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.242
Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 109–120. https://journal.uii.ac.id/selma/index
Wijaksana, F., & Elsina, R. (2023). Implikasi Yuridis Strategi Flash Sale oleh Pelaku Usaha E-Commerce. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(1), 257–269. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i1.179
Wulandari, D. A., & Edastama, P. (2022). Pengaruh gratis ongkir, flash sale, dan cashback atas pembelian impulsif yang dimediasi emosi positif. 2–9.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9705
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.