Analisis Strategi Pemasaran Mobil Merk Mitsubishi pada PT. Bosowa Berlian Motor di Kota Makassar
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang harus dilakukan PT. Bosowa Berlian Motor Kota Makassar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dalam penelitian ini, variabel faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) sebagai formulasi strategi pemasaran. Populasi dan sampel sekaligus berjumlah 30 orang. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan strategi yang sebaiknya diterapkan oleh PT. Bosowa Berlian Motor meningkatkan penjualannya. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan nilai faktor kekuatan sebesar 2,42 dan faktor kelemahan sebesar 0,56 serta selisih nilai tersebut sebesar 1,86. Sedangkan nilai untuk faktor peluang sebesar 1,83 dan nilai untuk faktor ancaman sebesar 0,86 serta selisih nilai tersebut sebesar 0,97. Nilai-nilai ini dapat membentuk koordinat 1,86: 0,97. Dengan menggunakan titik-titik koordinat tersebut, maka strategi yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan mobil merek Mitsubishi PT. Bosowa Berlian Motor di Kota Makassar merupakan strategi agresif dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, SWOT
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Assauri, Sofjan. (1999), Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Irawan dan Wijaya, Farid. (2001), Prinsip dan Kasus Pemasaran. Yogyakarta: FE-UGM
Kotler, Philip (2004), Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS
Pasigai, Moh Aris (2009), Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Persaingan. : BALANCE: Jurnal Studi Pengembangan Ilmu Ekonomi Volume 1 No. 1 Tahun 2009, 67-90
Prawirostoro, Suyadi (2001), Manajemen Operasi, Analisis Kasus dan Strategi. Jakarta. bumi literal
Rangkuti, Freddy (1996), Riset Pasar. Jakarta: PT. Perpustakaan Utama Gramedia
. (2003), Analisis SWOT: Teknik untuk Menganalisis Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Staf utama Gramedia PU
Tjandradiredja, Hana (2002), Budaya Karakteristik dan Strategi Pencapaian Marketing Excellence. Jakarta: LPFE-UI
Tjiptono, Fandy (2000), Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Umar, Husain (2001), Metode Penelitian Ekonomi dan Tesis Diploma. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yuniati, Musniasih (2020), Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Daya Beli Penduduk NTB. Mpu Procuratio: Jurnal Riset Manajemen Volume 2 No 2 Desember 2020, 362-368
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1049
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional