Analisis Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Jumlah Penjualan Produk Pakaian di Toko Stand Ratih New Makassar Mall Kota Makassar
Sari
Abstrak
Toko Stand Ratih melayani penjualannya dilakukan langsung di toko dan secara online. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan jumlah penjualan produk pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah penjualan produk pakaian 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan jumlah penjualan produk pakaian di Toko Stand Ratih New Makassar Mall Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dekriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Stand Ratih New Makassar Mall Kota Makassar yang terletak di Kota Makassar. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari-Maret 2021. Sumber data yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Fokus dalam penelitian adalah pemasaran yakni 4P. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengatakan bahwa 1) adapun strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Stand Ratih terhadap peningkatan jumlah penjualan produk pakaian antara lain, pemasaran melalui media sosial, menerapkan kualitas pelayanan yang baik dan ramah, mengadakan potongan harga pada barang dan pada waktu tertentu serta menerapkan kualitas produk yang baik dan bagus 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah penjualan produk pakaian antara lain, harga produk yang terjangkau, kualitas produk, kualitas pelayanan, akses yang mudah dan promo. Sedangkan faktor penghambat yakni pesaing dan promosi di media sosial.
Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Pakaian, Peningkatan Jumlah Penjualan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Aziz Amr, 1403 H. Al-Libaz wa al-Zinah fi Syari’ati al-Islam. Beirut: Muassasah al-Risalah 27-30
Adam M, 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Alma, Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
American Marketing Association, 2016. Marketing of Banking Product. City Land Press, USA.
Andi Wabifatma, 2018. Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Ayam Broiler di Desa Bonto Haru Kabupaten Bulukumba. Penerbit: Universitas Islam Makassar, Makassar.
Assauri, Sofyan, 2015. Manajemen Pemasaran Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Assauri, Sofyan, 2015. Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Basu Swastha. 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta. BPFE
Bearden, 2017. Marketing Strategy in Satisfied of Costumer. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Danang Sunyoto, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Buku Seru.
David, 2011. Strategi Management. Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Grewal & Levy, 2010. Marketing 2nd Edition. New York: McGraw Hill
Irfan Zevi, 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT. Proderma Sukses Mandiri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hodayatullah, Jakarta.
Jauch Lawrence R. Dan Glueck William F, 2013. Manajemen dan Strategis Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga
Jauch, Glueck, 2011. Pengertian Strategi. Hal: 13
John Mullins Orville Walker, 2013. Marketing Management. New York Kurniawan, Fitri Lukiastutu dan Hamdani, Muliawan. 2013. Manajemen Strategik dalam Organisasi. Yogyakarta: Media Pressindo
Kotler dan Keller, 2016. Marketing Managament, 15th, Editio. Pearson Education, inc.
Kotler, Philip, 2014. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencenaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 9 PT. Prenhalindo Jakarta.
Kotler, Philip. 2016. Marketing. Alih Bahasa: Herujati Purwoko. UNDIP Semarang, Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi R, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi R, 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasisis Komputer (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
M. Afianda Putra, 2015. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada CV. Waty Grafika Medan. Jurnal ilmiah “INTEGRITAS” vol.1, Medan
Makmur, Saprijal, 2015. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol.3 Universitas Pasir pangaraian, Riau.
Moh Rusdi, 2019. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. JSMB Vol.6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo, Madura.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nitisemo, Alex S. 2017. Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Norton, Schiffman. 2019. Manajemen Pemasaran Global. Kanasius, Yogyakarta.
Rangkuti Freddy, 2019. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta
Sopiah, 2016. Salesmanship (kepenjualan). Jakarta: Bumi Aksara
Stanton, 2019. Fundamental of Marketing. McGraw Hill Inc. United State American.
Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: AND
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: AND
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarni, Murti, 2019. Marketing dan strategi. Edisi Kedua, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Swastha, Basu, 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Remaja Karya.
Tjiptono, Fandy, 2016. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.
Veithzal Rivai, 2012. Islamic Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Winardi, 2017. Aspek-aspek Bauran Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
Zain, Umar, 2017, Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. Cetak Pertama, Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Zulfairah, 2019. Strategi Usaha terhadap Peningkatan Pendapatan Kaki Lima di Pantai tak Berombak Kecamatan Turikale Kab. Maros. Penerbit: Universitas Islam Makassar, Makassar.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1430
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional