Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening di Kota Semarang

Shifa Safira Nur Arif, Euis Soliha

Sari


Abstrak

Pada umumnya skincare atau perawatan kulit sepertinya kini menjadi salah satu tren di masyarakat yang paham betul akan pentingnya  menjaga kesehatan kulit kita. Tidak hanya itu, kulit merupakan salah satu bagian tubuh kita yang berfungsi melindung tubuh kita dari paparan sinar UV  atau surya, untuk itu penting sekali bagi kita untuk merawat tubuh kita sebelum terlambat. Dengan hal ini perusahaan meningkatkan kualitas skincare mereka contohnya Scralett Whitening. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan populasi yang berdomisili perempuan dengan 100 responden yang diperoleh menggunakan google from dan di olah menggunakan SPSS versi 25 dengan kriteria tertentu.  Variabel yang digunakan yaitu variabel independent yang terdiri dari brand ambassador dan brand image, sedangkan variabel dependen itu sendiri adalah keputusan pembelian produk Scralette Whitening yang berdomisili di Kota Semarang. Hasil penelitian membuktikan bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Brand Ambassador dan Brand Image

Abstract

In general, skincare or skin care seems to have become one of the trends in society who understand very well the importance of maintaining the health of our skin. Not only that, the skin is one part of our body that functions to protect our bodies from exposure to UV or solar rays, for that it is very important for us to take care of our bodies before it's too late. With this, companies improve the quality of their skincare, for example Scralett Whitening. This research is quantitative by using purposive sampling method with a population living in women with 100 respondents obtained using google from and processed using SPSS version 25 with certain criteria. The variable used is the independent variable consisting of brand ambassadors and brand image, while the dependent variable itself is the decision to purchase Scralette Whitening products who are domiciled in the city of Semarang. The results of the study prove that brand ambassadors have a positive and significant effect on purchasing decisions, while brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions.

Keywords : Brand Ambassador and Brand Image


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh harga dan free wi-fi terhadap keputusan pembelian produk pada angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 17(2), 62–74. https://doi.org/10.20885/jabis.vol17.iss2.art4

Ferdinand, P. A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi). Universitas Diponegoro.

Frans, R. dan. (n.d.). Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Alex Media.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (edisi semb). Badan Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan

Cetakan. Jakarta: Rajawal

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Riyono, G. E. B. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand

Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, BrandSari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. SHS Web of Conferences, 76, 01023.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24200

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosial Merek, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–15. https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1557/1516




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter