Kompetensi Pedagogik Dosen dalam Melaksanakan Pembelajaran Masa Situasi Pandemik Covid 19 terhadap Peningkatan IPK Mahasiswa
Sari
Abstrak
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mengukur sejauhmana kompetensi pedagogik dosen dalam melaksanakan pembelajaran masa pandemic covid 19 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan IPK Mahasiswa, Penelitian ini menggunakam teknik analisis berupa mix methods yang dapat dilakukan melalui analisis kuantitatif-kualitatif bertahap yaitu analisis data kuantitatif diikuti pengumpulan analisis data kualitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini Mahasiswa dalam ruang lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian yaitu teknik random sampling.
Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan dosen dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dimasa pandemic covid 19 dengan langkah ditempuh membangkitkan motivasi, interaktif serta membuat mahasiswa lebih aktif dan giat belajar. Pedagogic dosen memiliki peranan yang begitu besar terhadap peningkatan IPK mahasiswa cukup signifikan dengan persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar 82.2%. hal ini berarti factor utama peningkatan prestasi belajar mahasiswa dengan keaktifan mahasiswa didalam kelas
Kata Kunci: Pedagogik Dosen, IPK, dan Impresi Mahasiswa
Abstract
The long-term goal of this research is to measure the extent to which the pedagogic competence of lecturers in implementing learning during the COVID-19 pandemic has a significant effect on increasing student GPA. This study uses analytical techniques in the form of mix methods which can be carried out through gradual quantitative-qualitative analysis, namely quantitative data analysis followed by analysis collection. qualitative data. The population and sample of this study were students within the scope of the Faculty of Economics and Business, Unismuh Makassar. The sampling technique used in this research is random sampling technique.
The results of the study showed that the ability of lecturers to carry out effective learning during the COVID-19 pandemic by taking steps to generate motivation, be interactive and make students more active and active in learning. Lecturer's pedagogic has such a big role in increasing student GPA quite significantly with an overall average percentage of 82.2%. This means that the main factor in increasing student learning achievement is the activeness of students in class
Keywords : Lecturer Pedagogy, GPA, and Student Impression
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Agung, Iskandar . (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Danim, Sudarwan .(2010). Profesionalisai dan Etika Profsi Guru. Bandung, Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Kustiyati, S. (2017). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Indonesia Jurnal Kebidanan. Vol. I No.I (2017) 37-48
Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melaluli Pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19– 35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Rahmat, Jalaludin Faturochman, Sutjipto, H.P,Persepsi terhadap Kemampuan Kerja Wanita. Jurnal Psikologi. Tahun XVI. No. 1, Juli 1988, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, ,
Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bandung, Ghalia Indonesia.
Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. JP3SDM, 9 (2),30–45.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo1
Yamin, M. M. (2018). Validitas Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Kimia Dasar Program Studi Pendidikan Biologi Universitas. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2, 49–55
Yuli Alam. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1460
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional