Keamanan, Kemudahan Dan Manfaat : Sebuah Kajian Tentang Produk Financial Technology

Dharmawati Djaharuddin, Fadly I Hasbullah, Firmansyah Firmansyah, Abdul Rajab

Sari


Abstrak :

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh (i) manfaat yang dirasakan terhadap keputusan menggunakan produk financial technology (Fintech), (ii) kemudahan keputusan menggunakan produk Fintech, dan (iii) keamanan terhadap keputusan menggunakan produk Fintech. Penelitian ini dilakukan pada salah satu produk fintech yang banyak digunakan oleh masyarakat iaitu produk go-pay pada jasa  layanan gojek di kota Makassar. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna go-pay dikalangan mahasiswa di kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik incidental sampling Hasil kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, asumsi multikolinearitas, dan asumsi heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk fintech dengan nilai thitung sebesar 2,220 dan nilai Sig. 0,029, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk fintech dengan nilai thitung sebesar 3,740 dan nilai Sig. 0,000 dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk fintech dengan nilai thitung 2,383 dan nilai sig. 0,019.

 

Kata Kunci: Fintech, Kemudahan, Keamanan, Manfaat.

Abstract : This study aims to determine and analyze the effect of (i) perceived benefits on decisions to use financial technology (fintech) products, (ii) ease of decisions to use fintech products, and (iii) security on decisions to use Fintech products. This research was conducted on one of the fintech products that are widely used by the public, namely go-pay products on gojek services in the city of Makassar. Respondents in this study were go-pay users among students in the city of Makassar. Collecting data using primary data obtained from questionnaires using incidental sampling technique. The results of the questionnaire have been tested for validity and reliability, and tested for classical assumptions in the form of normality assumptions, multicollinearity assumptions, and heteroscedasticity assumptions. Methods of data analysis using multiple linear regression analysis techniques. The results showed that the perception of benefits had a positive and significant effect on the decision to use fintech products with a t-count of 2,220 and a Sig value. 0.029, convenience has a positive and significant effect on the decision to use fintech products with a t-count of 3.740 and a Sig value. 0.000 and security has a positive and significant effect on the decision to use fintech products with a t-count of 2,383 and a sig value. 0.019.

Keywords: Fintech, Security, Easy, Perception of Benefits.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ben M. Eins. (1974: 378) (2007). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buyung Nova Tri Anggono, Istiatin Dan Solichul Hadi A B . (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uniba Surakarta). Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi,

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan,. Jurnal Iqra’, Vol. 9, No. 1, Hlm. 1-13,

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gojek. (2021, Maret Sabtu). Diambil Kembali Dari www.Gojek.com (Tanggal Akses : 19 Februari 2021)

Guru Ekonomi. (2021, Februari Rabu). Diambil Kembali Dari Sarjanaekonomi.Co.Id: Https://Sarjanaekonomi.Co.Id/Manajemen-Pemasaran/ (Tanggal Akses : 20 Februari 2021)

Juliandi, Azwar Dan Irfan. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Keller, K. D. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. A. (2011). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Dan 2 Alih Bahasa :Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Leoni Joan Dan Tony Sitinjak. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen Volume 8 Nomor 2,

M Tafsir, R Shaari, H Muchtar, F Firmansya (2018).The Effects of Product Quality and Interpersonal Communication on Customer Loyalty.International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 1 (1), 1-8

Robbin SP Dan Judge. (2008). Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta: Salemba Empat Hal. 256.

Sari, Ika. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan Dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-Money Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Money Flazz BCA Di Bank BCA Syariah Semarang). Skripsi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM,

Schiffman dan Kanuk. . (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. . Jakarta: Indeks.

Singgih Santoso. (2008). Buku Latihan SPSS Statistik Parametik.

STIEM Bongaya (2021). http://www.stiem-bongaya.ac.id. (Tanggal Akses : 02 April 2021)

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2012). .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. . Bandung: Alfabeta.

Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: In Media.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDY.

Umi Narimawati. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Yuliani Dwi Rahmawati dan Rahmi Yuliana. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking ISSN 2685-3698 Volume 2 No.2 Oktober.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i2.1479

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter