Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa
Sari
Abstrak
Pegadaian yakni Lembaga keuangan pertama yang menawarkan pemberian pinjaman melalui sistem gadai. Dikutip dari katadata.co.id PT. Pegadaian (Persero) membukukan keuntungan bersih yang menurun 15% hingga Rp1,3 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode tahun 2020 lalu. Hasil pra-kuesioner menunjukan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa adalah faktor harga (suku bunga) dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif disertai penelitian yang berjenis deskriptif, adapun sampel yang dipergunakan ditentukan dengan teknik nonprobability sampling, yakni sejumlah 100 nasabah yang melakukan transaksi di Pegadaian Cabang Cikudapateuh Bandung. Sementara itu teknik yang dipergunakan dalam melaksanakan analisis yakni berupa regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan memperlihatkan variable harga atau suku bunga (X1) tergolong cukup baik, yakni melalui persentase sejumlah 65%. Variable kualitas pelayanan (X2) tergolong cukup baik, sejumlah 66%. Variable keputusan pembelian (Y) tergolong baik, sejumlah 70%. Hasil analisis regresi linear berganda didapatkan hasil secara parsial maupun simultan variabel harga atau suku bunga (X1) serta kualitas pelayanan (X2) memberikan pengaruh positif signifikan. Hasil uji koefisien determinasi memperlihatkan harga (suku bunga) serta kualitas pelayanan memberikan pengaruh sejumlah 45,3% pada keputusan penggunaan jasa sementara sisa sejumlah 54,7% memperoleh pengaruh dari faktor-faktor lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Penggunaan JasaTeks Lengkap:
PDFReferensi
POJK NOMOR 31 /POJK.05/2016 . (2016). Retrieved from OJK: POJK NOMOR 31 /POJK.05/2016
Sari, I. N. (2021, Agustus). Jumlah Nasabah Naik, Laba Pegadaian Semester I Malah Turun 15%. Retrieved from katadata: https://katadata.co.id/intannirmala/finansial/61123b91cedc1/jumlah-nasabah-naik-laba-pegadaian-semester-i-malah-turun-15
Ariyant, D. S. (2022, Februari). BISNIS GADAI MAKIN RAMAI PEMINAT. Retrieved from Bisnis Indonesia: https://bisnisindonesia.id/article/bisnis-gadai-makin-ramai-peminat
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 2). Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1572
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional