Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi Kereta Api Di Tengah Pandemi Studi Kasus Penumpang Kereta Api Stasiun Cikampek

Faiesal Gumaeri, Rina Maria Hendriyani

Sari


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh parsial promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh parsial kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada jasa trasportasi kereta api. Untuk mengetahui dan menganalisi besaran pengarus secara simultasn antara variabel promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian jasa transportasi kereta api.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendeketan metode menggunakan kuantitaif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 dengan menggunakan teknik samling random samling atau teknik secara acak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan analisis hipotesis parsial dan hipotesis simultan. Anaalisis ini di bantu dengan software spss 25.

Hasil penelitaian menujukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara promosi terhadap keputusanpembelian jasa transportasi secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layaanan terhadap keputusan pemeblian jasa trasportasi kereta api. Secara bersasama-sama variabel promosi dan kulitas layanan mempunya pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian jasa trasnportasi kereta api

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anshori, M., & Iswati, S. (2009). Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi 1). Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).

APLIKASI. Uwais Inspirasi Indonesia.

ARGO MURIA (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang)’ (UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG, 2014)

Deliyani, Elisa, and Bono Prambudi, ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG MRT JAKARTA’, JURNAL EKOBIS: EKONOMI, BISNIS & MANAJEMEN, Vol. 2 (2019), 124–31

Duli, N. (2019). Metodologi Penelian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS (Edisi 1). DEEPUBLISH.

Fermansah, Budi, Hari Sutanta, and Widiartanto, ‘Penumpang Dalam Memilih Jasa Transportasi Po . Sumber Alam’, Jurnal Administrasi Bisnis, 4.2 (2014), 1–15

Foster, B., & Sidharta, I. (2019). Dasar-Dasar Manajemen (Edisi 1). Diandra Kreatif.

Hadiyuda, Supratno Harum Dwi, ‘ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BUS

Hamdun, Edy Kusnadi, and Denok Ariestya Romadhani, ‘PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI FATIMAH BAKERY DI

INDONESIA DAOP IV SEMARANG’ (SEKOLAH TINGGI MARITIM DAN TRANSPOR ”AMNI”, 2015)

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). MANAJEMEN PEMASARAN (A. Maulana & W. Hardani (eds.); 13e ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). MARKETING MANAGEMENT 15e GLOBAL EDITION (15e ed.).

Lwesya, Francis, and Richard Jaffu, ‘Customer Service Quality Management in Public Transport: The Case of Rail Transport in Tanzania’, International Review, 3–4, 2017, 102– 17

Marzuki, A., Armereo, C., & Rahayu, P. F. (2020). PRAKTIKUM STATISTIK (Edisi 1). Ahlimedia Press.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran sebagai Materi Poko dalam Manajemen Pemasaran) (Edisi 1). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Noorani, Adinta, ‘ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA TRANSPORTASI KERETA API

Nugroho, Bachilius Ririn Cahyo, ‘ANALISIS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET KERETA API PADA PT. KERETA API

of Engineering Technologies and Management Research, 6.6 (2019), 51–62

PARIWISATA (Studi Pada Pengguna Bus Pariwisata PO Padang Aran)’ (UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG, 2014)

Pearson Education, Inc.

Pengguna Jasa Kereta Api Prambanan Ekpress Joglo-Solo)’ (UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA, 2019)

Prianggoro, Noro Fajar, and Arifin Sitio, ‘EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PROMOTION ON PURCHASE DECISIONS AND THEIR IMPLICATIONS ON CUSTOMER’, International Journal

Purnomo, A. K. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah dengan IBM SPSS. Jakad Publishing.

Ramadhani, Kusuma Fitrianing Putri, ‘PENGARUH HARGA, KEBUTUHAN, SISTEM PEMBELIAN TIKET ONLINE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA KERETA API DI STASIUN SURABAYA GUBENG’ (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA, 2019)

Rasmansyah, ‘The Effect of Service Quality and Promotion to Customer Satisfaction and Implication of Customer Loyalty in Vehicle Financing Company in Jakarta Indonesia’, International Journal of Advanced Scientific Research, 2.6 (2017), 22-30 ISSN: 2456-0421

Ruyatnasih, Y., & Megawati, L. (2018). PENGANTAR MANJEMEN (Teori, Fungsi dan Kasus)

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi PEMASARAN (Edisi 1). CV. SAH MEDIA. Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran (Pertama). CV. PUSTAKA ABADI. Tarjo. (2019). METODE PENELITIAN (Edisi 1). DEEPUBLISH.

SITUBONDO’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 14.2 (2016), 31–48

Subekti, Sitti, ‘Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air Rute Lampung-Jakarta’, Puslitbang Transportasi Udara, Badan Penelitian Dan Pengembangan Perhubungan, 2017

Syanewati, Margaretha Yurisang, ‘PENGARUH HARGA TIKET, KUALITAS JASA TRANSPORTASI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan

Tim Penyusun. (2015). MODEL PRAKTIKUM METODE RISET UNTUK BISNIS & MANAJEMEN. UNIVERSITAS WIDYATAMA.

Utomo, Prabowo Budi, and Handoyo Djoko Waluyo, ‘Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus (Penumpang Ka Kaligung Pt Kai Daop Iv Semarang)’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7.4 (2018), 155–59

Wahyono, T. (2010). Analisis Statistik (Edisi 1). PT Elex Media Komputindo.

Wasiun, Rosyid, Hari Sutanta Nugraha, and Bulan Prabawani, ‘Pengaruh Pelayanan Sistem Online, Tarif, Dan Publikasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Tiket Kereta Api Relasi Semarang – Jakarta (Studi Kasus Pada PT.Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang Tawang)’, Ejurnal-S1.Undip.Ac.Id, 2015, 1–11

Wibisono, D. (2003). Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi dan Akademisi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, C., & Rifa’i Muhammad. (2016). DASAR-DASAR MANAJEMEN (Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien) (Edisi 1). PERDANA PUBLISHING.

Zacharias, T., Wenno, & Laurens, S. (2019). METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter