Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare (Analisis Ekonomi Syariah)

Jumrah Tahir, Rusnaena Rusnaena, Musmulyadi Musmulyadi, St. Nurhayati, Abd. Hamid

Sari


Abstrak 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatf deskriptif. Lokasi penelitian berada di Cafe Nuara Kota Parepare dan waktu penelitian 31 hari. Instrumen pengumpulan data dilakukakan dengan kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 91 orang dari 1000 jumlah populasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji one sampel t-test, uji korelasi pearson product moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji hipotesis bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Cafe Nuara Kota Parepare. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,800 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara kualitas produk dengan loyalitas konsumendi Cafe Nuara Kota Parepare. Diketahui r tabel 0,206 maka pearson correlation penelitian ini bersifat positif dan nilai signifkansi 0,00 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka kualitas produk dengan loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan.  Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.600. maka setiap penambahan 1% menggunakan kualitas produk (X), maka loyalitas konsumen (Y) akan meningkat sebesar 0,600. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,639 dengan tingkat hubungan baik, memiliki arti bahwa 63,9% loyalitas konsumen (Y) dipengaruhi kualitas produk (X) dan 36,1% dipengaruhi variabel yang lain. 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hurryati, R. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Edisi Kedua. Bandung: CV.

Alfabeta. Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Armstrong, Gery. 2004. DasarDasar Pemasaran. Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Alexander Sindoro. Jakarta: PT Indeks. Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas Jilid 1. Dialihbahasakan oleh: Bob Sabran. Jakarta: Eirlangga. Kurniawati, D., Suharyono., Kusumawati, A (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 14 Nomor 2 September 2014. Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. (Teori dan Praktik). Edisi Pertama. Depok: Salemba Empat. Mangore, I.I., Lumanauw, B. dan Tielung, M. 2015. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Tupperware Manado. Jurnal EMBA, Juni 2015 Volume 3 Nomor 2, hal. 616-627. Saidani, B. dan Arifin, S. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Volume 3 Nomor 1, 2012. Sembiring, J.I., Haryono., dan Kusumawati, A (2014). Pemharuh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 15 Nomor 1 Oktober 2014. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi OFFSET. Widjoyo,S.P., Hatane,S., dan Brahmana,R.K. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 2 Nomor 1. Yamit, Zullian. 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.2327

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter