Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Alfamart di Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang

Riri Juliyani, H.Cecep Hermana

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Di Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang.

Metode yang di gunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumulan data yang di gunakan yaitu teknik observasi, kuesioner dan study perpustakaan, dengan objek penelitian yaitu Konsumen Alfamart di Kecamatan Cilamaya wetan Kabupaten Karawang dengan jumlah 150 responden. Teknik anaisis yang di gunakan yaitu teknik analisis rentang skala dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan berada pada kriteria baik. Terdapat korelasi yang kuat dan positif antar kualitas pelayanan dengan persepsi harga yaitu sebesar 60,2%. Terdapat pengaruh parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 50,6% dan pengaruh parsial antara persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 8,8%. Kemudian terdapat pengaruh simultan antara kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,610% dan sisanya sebesar 39% dari faktor lain yang tidak masuk kedalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita & Rahantha (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap WOM Melalui Kepuasan Pada PT Sarana Dewata Courier. EJurnal Manajemen Unud, 4(8), 2192–2209.

Dewa Gede Adi Adnyana Ni Wayan Sri Suprapti. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Unud 7(11):6041–69.

Dimas Rizky A. 2019. “PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK HONDA BRIO SATYA TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI JAKARTA.” 8(5):55.

Fahmy Wijaya dan Sujana. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth.” 1(1):9–18.

Farida dan Tarmizi. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 1 (1): 31-40

Ferdinand dan Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjati dan dan Venesia. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Prsepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika. 1 (1) :64-74.

Januar Panjaitan. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung”.Jurnal Manajemen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Volume 11, No. 2.

Kaldek Iin Listyana Dewi, Ni Nyoman Yulianthini, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi. 2019. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 5(2):82–92.

Pratama. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Word Of Mouth (Studi Kasus Warung Spesial Sambal Cabang Bintaro 1). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Regita Puji Agustin, Adi Suparwo, Wulan Yuliyana, Denok Sunarsi, Nurjaya. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin Di CV Speed Nenkin.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) 4:186–90.

Reynaldi, Tresnadjaja, 2017. “Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Mahasiswa of Service Quality Dimensions on Student Satisfaction”.Jurnal Ilmu Kesehatan, Volume 12, No. 2.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2017. “Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur).” in Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2352

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter