Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran melalui Digital Marketing

Nur Naninsih, Syamsul Alam, Dewi Pratiwi Indriasari

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh langsung keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing terhadap digital marketing, dan keunggulan bersaing dimediasi oleh digital marketing terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 UKM, Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh diperoleh jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yaitu 50 responden. Metode penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui alat analisis SPSS Statistik 16. Hasil penelitian menyatakan bahwa keunggulan bersaing, digital marketing terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan. Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan, kemudian untuk pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh total ketiga variaebel bebas lebih besar dari pengaruh langsungnya. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa keunggulan bersaing memediasi pengaruh tidak langsung digital marketing, terhadap kinerja pemasaran.

 

Kata Kunci : Keunggulan bersaing, digital marketing, kinerja pemasaran

 

Abstract

This study aims to determine the direct influence of competitive advantage on marketing performance, competitive advantage over digital marketing, and competitive advantage mediated by digital marketing on marketing performance. The population in this study were 50 SMEs. The sampling technique used a saturated sample to obtain the number of samples according to the total population, namely 50 respondents. The research method uses regression analysis and path analysis through the SPSS Statistics 16 analysis tool. The results of the study state that competitive advantage, digital marketing on marketing performance has a significant value. The effect of competitive advantage on marketing performance has a significant value, then for the mediating effect it is found that the total effect of the three independent variables is greater than the direct effect. The conclusions of this study prove that competitive advantage mediates the indirect effect of digital marketing on marketing performance.

 

Keywords : competitive advantage, digital marketing, marketing performance


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, N., Sudibyo, R., & Hasanah, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing terhadap Kinerja Pedagang Bunga di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.15

Anjaningrum, W. D. (2020). Efektivitas Digital Marketing Dan Networks Dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM Di Masa Pandemi Covid-19. SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen, 6(7), 50–61.

Arbawa, D. L., & Wardoyo, P. (2018). Keunggulan Bersaing : Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 56. https://doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1077

Aristiyo, R., & Murwatiningsih. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kemitraan. Management Analysis Journal, 6 (1)(1), 44.

Astami, W. S. (2013). Analisis pengukuran kinerja pemasaran melalui financial metrics. 04(01), 1–14.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Chaffey, D. dan F. E. C. 2016. (2016). Digital Marketing: Strategy,Implementation and Practice. Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.

Curatman, A. dkk. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, XVIII(3), 61–75.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.357

Dewi, N. P. D. E., & Seminari, N. K. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6120–6140.

Dewi Ni Made Putri, & Ni Wayan Ekawati. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi PengaruhOrientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977.

Eddy, I. K. (2021). KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen Unud, 10(12), 1347–1366.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Haryanto, A. T., & Dewi, S. N. (2020). Strategi Pengembangan Digital Marketing, Orientasi Ekuitas Merk, Marketing Intermediaris dan Kinerja Pemasaran di Perbankkan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 163. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1065

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

Herlina, V., & Yacob, S. (2022). Systematic Literature Review: Hubungan Variabel Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal Publicuho, 5(1), 107–115. https://doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23801

Heru Sri Wulan1, Feri Agustina2, C. H. (2021). MODEL PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI PEMODERASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN UMKM KOTA SEMARANG. Edunomika, 5(2), 1353–1361.

Hudha, N., Rahadhini, M. D., & Sarwono, A. E. (2022). Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(1), 70. https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.11516

Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9

Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.32524/jkb.v20i1.316

Mulyani, I. D. A. T. R. I. (2015). Kewirausahaan Dengan Inovasi Sebagai.

Nasution, A. A. (2016). Analisis Kinerja Pemasaran Pt Alfa Scorpii Medan. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87. https://media.neliti.com/media/publications/149462-ID-pengaruh-orientasi-pasar-inovasi-dan-kre.pdf

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putri, A., Arif, M., & Kunci, K. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. 6(1), 194–208.

Ratna Priyanti, D. M. H. (2015). PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA HOTEL RESTY MENARA PEKANBARU). JOM (Jurnal Online Mahasiswa), 2(2).

Rizky, D. M., Hakim, I., Fauzi, A., Setyawati, I., & Ristanto, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada Ukm. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1, 1–5.

Rizqon Jamil Farhas1, Z. E. (2022). Digital Marketing And Branding Analysis : Competitive Advantages Of Small Medium Enterprise Post-Covid-19. Journal of Engineering Science and Technology Management (JESTM), 2(1).

Salqaura, S. A., Sipayung, R. C., & Salqaura, S. S. (2021). E-Marketing dan Keunggulan Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran dengan Online Review sebagai Variabel Moderating. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 26–36. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i1.5449

Sherlin, I. (2016). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Industri Kecil dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.724

Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran. Iqtishoduna, 15(2), 129–152. https://doi.org/10.18860/iq.v15i2.7592

Simamora, V., Albab, M. U., Putra, R. J., & Diansyah. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku UMKM Kripik Singkong Di Kecamatan Kebon Bawang, Jakarta Utara. Journal For Business And Entrepreneurship, 4(2), 1–14.

Simanjuntak, M., & Sukresna, I. M. (2020). Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital melalui Technology Acceptance Model. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 786–792. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2120

Soave, D., Marbun, N., & Simanjuntak, M. (2021). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi-Bisnis pp. 2020, 130–142.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Supardi, Endang Sri Wahyuni, & H. Lalu Ratmaja. (2022). Inovasi Sistem Digital Pemasaran Produk Travel Agents. Journal of Mandalika Review, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i1.3

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Yuliati, Y. (2020). Mediasi Customer Satisfaction Dan Intellectual Capitalatas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Perusahaan. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(2), 288–306. https://doi.org/10.34152/fe.15.2.288-306

Zuhdi, I., Muniroh, L., & Eldine, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 110–118.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2672

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter