Pengaruh Kualitas Komunikasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhkualitas komunikasi terhadap loyalitas nasabah, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Mandiri Taspen Makasssar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskrptif dan analisis statistik inferensial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara penelitian pustaka dan penelitian lapang pada PT. Bank Mandiri Tapen Makassar. Pada penelitian ini penulis melakukan pembagian kuesioner tentang bagaimana pengaruh kualitas komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel aksidental. Sampel penelitian ini sebanyak 98 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, begitupun dengan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan untuk hasil uji simultan menunjukkan bahwa kualitas komunikasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabahpada PT. Bank Mandiri Taspen Makassar.
Kata Kunci: Kualitas Komunikasi,Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Cetakan Pertama. Graha Ilmu,Yogyakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tangerang Selatan: KARISMA
Fitzsimmons, James A and Mona J. Fitzsimmons. 2011. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology7th edition. The McGrawHill Internation Edition.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS.Semarang : Badan PenerbitUniversitasDiponegoro.
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P dan Kevin, L (2016). Marketing Managemen,15th ed, Pearson Education,Inc.
Miftah Thoha. 2016. PrilakuOrganisasiKonsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Mulyana, Deddy. 2013. MetodePenelitianKomunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif dengan PendekatanPraktis. Bandung: Remaja Rosda karya.
Porral, C. C., & Lang, M. F. (2015). Private labels, The role of manufacturer identification, brand loyalty and image on purchase intention. British Food Journal,117/2, 506–522. doi: 10.1108/BFJ-06-2014-0216.
Sudaryono. 2014. Budaya dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, M. 2006. Metode penelitian Survei. Jakarta. LP3ES
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Tafsir Muhammad, Nurjannah H Husain, Syamsul Ridjal, Hasyim Mukhtar (2021). Komunikasi Dan Lingkungan Kerja: Sebuah Studi Tentang Semangat Kerja Karyawan. YUME : Journal of Management Volume 4 Issue 2.
M Tafsir, R Shaari, H Muchtar, F Firmansya(2018). The Effects of Product Quality and Interpersonal Communication on Customer Loyalty - International Journal on Advanced Science, Education Volume 1 No.1
Tjiptono, F dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2.Andi. Yogyakarta.
Yogiarto, Atanasius Hardian Permana. 2015. Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jada Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Pekalongan). Skripsi. Yogyakarta Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Zulfitri. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Mega Syariah Cabang di Jakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial Jilid 1, Nomor 2.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2722
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional