Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Membeli di Hotel 88 Grogol, Jakarta Barat

Nurbaeti Nurbaeti, Himawan Himawan

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kesadaran merek dan asosiasi merek terhadap keputusan membeli di Hotel 88 Grogol, Jakarta Barat . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan metode analisis regresi berganda.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Hotel 88  Grogol Jakarta Barat.  Sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengembalian data dengan menyebarkan kuisioner dengan google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kesadaran merek dan asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli. Kesadaran yang tinggi terhadap suatu merek dapat menjadikan merek tersebut selalu tersimpan dengan baik dalam ingatan konsumen. Untuk meningkatkan asosiasi merek terhadap merek adalah dengan cara menguatkan positioning sebagai Hotel bintang 2 (dua)  dengan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang unggul.

 

Kata Kunci: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Keputusan membeli

Abstract

This study aims to determine brand awareness and brand associations on purchasing decisions at Hotel 88 Grogol, West Jakarta. This type of research is descriptive quantitative research with multiple regression analysis method. The population in this study were all consumers of Hotel 88 Grogol, West Jakarta. The sample is 100 respondents. The technique of returning data is by distributing questionnaires with google forms. The sampling technique used was accidental sampling. The results of the study partially show that brand awareness and brand associations have a significant effect on purchasing decisions. High awareness of a brand can make the brand always stored properly in the memory of consumers. To increase the brand association with the brand is to strengthen the positioning as a two star hotel with superior service and product quality.

 

Keywords: Brand Awareness, Brand Association, Buying Decision


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bek, M. H. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Sampoerna Mild (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(1): 1-10.

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1): 1-18.

Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Administrasi Bisnis, 31(1): 26-34.

Porajow, K. C. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian

Smartphone Xiaomi di Manado. Productivity, 1(5): 446-452.

Pranata, I. W. D., & Pramudana, Km. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10): 5230-5257.

Riduansyah, M., Suharyono., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian

(Survei Pada Pembeli Sepatu Merek Adidas Di Adidas Store Mal Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 41(1): 163-169.

Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand

Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, 8(2): 92-121.

Sari, S., Syamsuddin., & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1): 37-48.

Suatma, J. (2013). Analisis Strategi Inovasi Atribut Produk Dan Pengaruhnya

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skuter Matik

Merek Honda Vario di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2): 19-35.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2): 798-807.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2977

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter