Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS Glow

Nurma Octavia Isbet, Amelia Putri Darmaji, Yolanda Hidayat, Eman Sulaeman

Sari


Abstrak

Perkembangan produk kecantikan di Indonesia mengalami kemajuan yang cepat dan pesat. Saat ini produk kecantikan seperti kosmetik mengalami peningkatan yang sangat pesat serta menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) produk kosmetik MS Glow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada responden sserta mmenggunakan data sekunder yang diperoleh dari Studi Kepustakaan ang berkaitan dengan topik pada penelitian ini. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen MS Glow dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden. Pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk dan citra merek terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

The development of beauty products in Indonesia is progressing rapidly and rapidly. Currently, beauty products such as cosmetics have experinced a very rapid increase and become the needs of people in Indonesia. This study aims to examine the effect of product quality (X1) and brand image (X2) on purchasing decisions (Y) for MS Glow cosmetic products. The method used in this research is descriptive and verification methods. This study uses primary data obtained from questionnaires distributed to respondents and uses secondary data obtained from literatur studies related to the topic in this study. The population used in this study is MS Glow consumers with  a total sample of 55 respondents. In this study usig probability sampling technique with rndom sampling. The data analysis technique in this study usus multiple linier regression analysis using the IBM SPSS Statistics 21 software tool. The results of this study indicate that simultaneously product qualit and brand image have a significant ifluence on purchasing decision, partially product quality has a significant effect on purchasing decisions and brand image has a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Product Quality, Brand Image, Buying Decision.   


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahyoedi, S., & Tj, H. W. (2022). The Influence of Celebrity Endorsements on Purchase Decisions Mediated by Brand Image and Perceived Brand Quality of MS Glow Cosmetics Products Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Brand Image dan Perceived Brand. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(3), 1439–1460. file:///C:/Users/User VAIO/Downloads/1439-1460+OK.pdf

Supriyadi, Fristin, Y., & Indra, G. (2020). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.81

Robi’ah, D. W., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235

Rafi, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Mom Milk Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 160–166. file:///C:/Users/User VAIO/Downloads/21928-44497-1-SM.pdf

Robby Moch, A. L. A. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek. Ilmu Manajemen, 4, 1–7. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i2.5541

Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk muslim army. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10, 1–12. file:///C:/Users/User VAIO/Downloads/717-Article Text-1048-1-10-20200622 (1).pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter