Manajemen Aparatur Sipil Negara Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Studi pada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima)

Syamsuddin Syamsuddin, Mas’ud Mas’ud, Abdul Kadir

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Pemerintah Kabupaten Bima dalam melakukan manajemen sumber daya Manusia ASN untuk mewujudkan efektifitas kinerja dan tata kelola Pemerintah yang baik di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan metode tersebut bertujuan agar memperoleh gambaran yang utuh dan realistis terkait dengan proses penataan dan pengembangan kompetensi SDM ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pegawai yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bima sudah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan riil dan hasil analisa jabatan walaupun dalam beberapa tahapan masih belum berjalan dengan maksimal. Masih ditemukan syarat jabatan yang belum terpenuhi sehingga masih terdapat kesenjangan jabatan. Proses penempatan pegawai yang belum sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi dikarenakan menyesuaikan dengan komposisi pegawai yang sudah ada. Di tengah keterbatasan tersebut Pemerintah Kabupaten Bima mampu untuk membuktikan bahwa kinerja pemerintahan dapat berjalan dengan optimal. Hal itu dapat dilihat dari penilaian Standar Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang selalu mengalami peningkatan dari tahun 2013, terakhir pada penilaian SAKIP tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bima mendapatkan predikat A. Hasil tersebut membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bima memiliki komitmen yang kuat dalam menggunakan anggaran secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan pembangunan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik.

Kata Kunci: Manajemen, aparatur, tatakelola, Pemerintah, Bima.

Abstract

The purpose of this study was to find out the efforts of the Bima Regency government in managing ASN human resources to realize performance effectiveness and good governance in Bima Regency. This study used descriptive qualitative method. The selection of this method aims to obtain a complete and realistic picture related to the process of structuring and developing ASN HR competencies within the Bima Regency Government, West Nusa Tenggara. Data collection techniques consist of observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the management of employees carried out by the Bima Regency Government has been carried out in accordance with the real needs and results of posting analysis, although in several stages it has not run optimally. There are still job requirements that have not been met so that there is still tension in the office. The process of placing employees who are not in accordance with the qualifications and competencies due to adjusting to the composition of existing employees. In the midst of these limitations, the Bima Regency Government was able to prove that the government's performance could run optimally. This can be seen from the assessment of Government Agencies Performance Accountability Standards (SAKIP), which has always experienced an increase from 2013, most recently in the 2021 SAKIP assessment, the Bima Regency Government received an A title. These results prove that the Bima Regency Government has a strong commitment to using the budget effective and efficient in the implementation of development so as to realize good governance.

Keywords: Management, apparatus, governance, Government, Bima.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, A. (2019). Patologi Birokrasi dan Agenda Strategi: Kolaborasi Pendekatan New Public Management dan New Public Service Melalui Model Citizens Charter. Politea: Jurnal Politik Islam, 2(1), 77-90.

Daraba, D. (2019). Reformasi birokrasi & pelayanan publik.

Irawan, B., & Armadani, D. A. (2021). Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Menuju Good Governance. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 7(1), 1-17.

Junus, D., Sahi, N. A., Arsjad, M. F., Podungge, A. W., & Nuna, M. (2022). Analisis Reformasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara di Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. Economics and Digital Business Review, 3(2), 355-368.

Maniagasi, Y. G. (2021). Penguatan Kapasitas Pusat Kesehatan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten JayapurA (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Edisi Kedua, Yogyakarta: Erlangga.

Munawaroh, N. (2018). Mewujudkan Good Governance Melalui Reformasi Birokrasi:(Kasus Pelayanan Pembuatan E-Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat). Jurnal Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil), 21-46.

Rodiyah, I., & Birokrasi, R. (2022). Tantangan Pengelolaan Sdm Aparatur Sipil Negara Masa Kini Dan Masa Depan. Msdm (Konsep dan Tantangan Pengelolaan SDM), 187.

Sofianto, A., Ip, S., Prasetyo, S. B., & Manar, D. G. 2020. Reformasi Pelayanan Publik Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi Di Jawa Tengah.

Tigar, A. G. (2022). Implementasi Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Tahun 2022 Di Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Esensi Hukum, 4(2), 198-209.

Zamroni, M. (2022). Relasi Kuasa Media Politik: Kontestasi Politik dalam Redaksi Berita Televisi. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3184

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter