Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Negosiasi dan Manajemen Konflik Pada Industri Jasa Maritim di Batam

Adi Neka Fatyandri, Wikandriya Pradinang, Farah Fakhirah Suganda, Gilang Bagus Fadlan, Sandoko Ompusunggu, Indra Miftahul Razak

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi negoisasi dan manajemen konflik pada industri jasa maritim di Kota Batam. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan industry jasa maritim di Kota Batam (PT. Pertamina Trans Kontinental Cabang Batam, PT. Nuansa Lestari Tama dan PT. Sligi). Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan data deskriptif yang bersumber dari data sekunder. Penelitian ini memiliki hasil PT. Pertamina Trans Kontinental Cabang Batam berhasil menengahi konflik dengan PT. Nuansa Lestari Tama dan PT. Sligi dengan proses negoisasi yang berjalan lancer. Penulis menyarankan kepada semua perusahaan yang terlibat untuk menggunakan strategi negosiasi yang dapat menguntungkan semua pihak agar untuk menghindari terjadinya konflik yang berkepanjangan

 

Kata Kunci: Konflik, Negoisasi, Perusahaan, Strategi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astri, H. (2011). Penyelesaian Konflik Sosial Melalui Penguatan Kearifan Lokal. Jurnal Aspirasi, 2(2), 151–162. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/439

Dr. R. Luki Karunia, SE., A. M. (2019). Optimalisasi Peran Industri Jasa Maritim Melalui Peningkatan Armada Pelayaran Nasional dan Pelabuhan dalam Rangka Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Journal of Public Policy Applied Administration, 1(2), 111–118.

Hendrayana, Y. (2021). Peran Keterampilan Negosiasi Terhadap Manajemen Konflik Melalui Intermediasi Efektivitas Komunikasi. Parameter, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.37751/parameter.v5i1.144

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Mohamad Muspawi. (2014). Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora Penawar, 16(2), 41–46.

Rosana, E. (2015). Konflik Pada Kehidupan Masyarakat. Al-AdYan, 10(2), 216–230.

Rouddah, K. N., Barkah, C. S., & Novel, N. J. A. (2021). Analisis Negosiasi Bisnis Perusahaan Trading dengan Pengepul Kopi Toraja (Studi Pada PT. Danapati Prakasa Sentosa). Jurnal Bisnis Strategi, 30(1), 47–53. https://doi.org/10.14710/jbs.30.1.47-53

Sumartias, S., & Rahmat, A. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konflik Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(1), 13–20. https://doi.org/10.20422/jpk.v16i1.24

Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas komunikasi negosiasi dalam Bisnis. Jurnal Komunike, 9(2), 105–122.

Wahyudi, A. (2015). Konflik, Konsep Teori Dan Permasalahan. Jurnal Publiciana, 8(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter