Pengaruh Penggunaan Paylater Dan Flashsale Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee (Studi pada Mahasiswa Pengguna Shopee Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui untuk mengetahui pengaruh penggunaan paylater terhadap perilaku impulse buying, 2) untuk mengetahui pengaruh flahsale terhadap perilaku impulse buying, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan paylater dan flashsale terhadap perilaku impulse buying. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Mahasiswa Pengguna Shopee Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 125 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) penggunaan paylater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying, 2) flashsale berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying, dan 3) penggunaan paylater dan flashsale berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 38,2%. Yang berarti variabilitas perilaku impulse buying dapat dijelaskan oleh penggunaan paylater dan flashsale sebesar 38,2% dan 61,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini seperti harga, shopping lifestyle, dan motivasi belanja hedonis.
Kata Kunci: Paylater, Flashsale, Impulse Buying
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635
Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 60–76. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1833
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan progran IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Sugiyono. (2018). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3227
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional