Kekuatan Promosi Dan Kualitas Pelayanan Menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan Ekspedisih
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan Promosi dan Kualitas Pelayanan dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan untuk memenangkan persaingan pada perusahaan ekspedisi , studi kasus dilakukan pada PT. Indah Logistik Cargo Cabang Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda serta analisis pengujian hipotesis (uji t dan uji f). Dari hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, variabel promosi secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indah Logistik Cargo Cabang Makassar, hal ini disebabkan karna strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan ini dinilai masih kurang “massive”. meskipun pada dasarnya promosi ini menjadi hal yang sangat diharapkan oleh konsumen karna dengan adanya promosi tidak hanya mengarahkan dan membujuk pelanggan akan tetapi sekaligus menjadi informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dengan tujuan memberikan kepuasan pelanggan, Sedangkan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan pengaruhnya signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indah Logistik Cargo Cab. Makassar, dimana hal ini dapat dilihat dari pemenuhan indikator kualitas layanan yang diberikan perusahaan sehingga dominan pelanggan merasakan kepuasan.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alma Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. ursid. 2010. Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Arianto, Nurmin (2019). "Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan." Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7.1 hal : 44-54.
Aryani, D dan Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.Vol.17.No.2
Irawan, Handi, 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Jakarta : Pradnya Paramitha, H. 45. Kelompok Gramedia
Komarudin, H., Asep Sulaeman, And Jasmani Jasmani. (2020) "Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Wilayah Tangerang Selatan." Jurnal Ekonomi Efektif 2.3
Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lee, G. G., & Lin, H. F. (2005). Customer Perceptions Of E-Service Quality In Online Shopping. International Journal Of Retail And Distribution Management, 33(2), 161–176.
Lupiyoadi, Rambat, And Bramana Putra (2014). "The Effects Of Applying Revenue Management On Customer Satisfaction In Airline Industry: An Experimental Study In Indonesia." Asean Marketing Journal.
Nurmiati, A.Ratna Sari , Ilham , Rizky febrianty (2021). Tingkat Loyalitas mahasiswa sebagai pelanggan shopee. Seiko : Journal of Management & Bussines Vol 4. No.2 Hal 496-501
Puspita, Rora. (2016) "The Implementation Of Marketing Mix: A Case Study Of Ud Sigrapro Jakarta." Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa) 13.1 hal: 65-75.
Sandi, Sandi Kurniawan, and Rama Chandra. (2020) " Pengaruh Kualitas kualitas pelayanan dan promosi terhadap terhadap Kepuasan Pelanggan yang Di Mediasi Citra Merek (Studi Kasus E-Wallet Dana Di Pabrik Mie) The Effect Of Service Quality and Promotion Of Satisfaction In Mediation Brand Image (Case Study of Dana Users)." Marketing Management 16 Hal: 1-15.
Santosa, Dewa Gede Wahyu, And Ida Ayu Mashyuni.(2021) "Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Di Kota Denpasar." Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata 1.1 Hal: 290-302.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R Dan D).
Tjiptono, F. And Gregorius, C. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3235
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional