ANALISIS KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA MELALUI KUALITAS KERJA PEGAWAI SE-KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Andi Erna Rasyid, Gunawan Bata Ilyas, Mansur Azis

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompetensi terhadap kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompensasi terhadap kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompensasi terhadap kinerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 5) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kualitas kerja terhadap kinerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 6) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja melalui kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. 7) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kompensasi terhadap kinerja melalui kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap pegawai se-Kecamatan Manggala Kota Makassar yang terdiri dari Keluruhan Borong, Kelurahan Bangkala, Kelurahan Tamangapa, Keluruhan Manggala, Kelurahan Antang, dan Kelurahan Batua, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang pegawai. Alat analisis yang digunakan yaitu dengan Analisis Jalur. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Kompetensi dan kompensasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. Kemudian, kompetensi, kompensasi, dan kualitas kerja secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. Adapun pengaruh tidak langsung melalui kualitas kerja, menunjukkan bahwa Kompetensi dan kompensasi mempunyai pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap kinerja melalui kualitas kerja pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar, namun pengaruh mediasinya relatif lemah dibandingkan pengaruh langsung.

Kata Kunci : Kompetensi, Kompetensi, Kualitas Kerja, Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asis, Agustiani. 2014. Pengaruh Kualitas Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Bontang Selatan. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2 (3) 2014 : 2640-2649

Daly, Hamlan. 2015. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 84-94.

Dermawan AANB., Sudibya,IGA., dan Utama, IWM. 2012. Pengaruh Motivasi, lingkungan Kerja, Kompetensi dan kompensasi terhadap kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan kantor DPU Propinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 6 (2), pp. 173-184.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Yayat R., dan Nopika Aryanti. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pabrik Bawang Goreng“UD. Sinar Tani” di Desa Pagundan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Kuningan). Jurnal Agrinis Vol. 1, No. 1, Oktober 2016.

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. 2008. Kompetensi komunikasi Plus : Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Jamilah., I Wayan Bagia., dan Ni Luh Wayan S. Telagawathi. 2016. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Jurusan Manajemen Vol. 5 No. 2.

Kule, Yeti., Gunawan B.I., dan Hasmin T. 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Amik Luwuk Banggai. Jurnal Mirai Management. Vol 3, No 1.

Lestari, Puput W. 2015. Pengaruh Kualitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Pajak Daerah Provinsi Kepulauan Riau Samsat Tanjungpinang. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Marwoto, Nuki. 2012. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Komunikasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun. Tesis Magister Program Pascarjana Universitas Terbuka.

Murty, Windy Aprilia dan Gunasti Hudiwinarsih. 2012. Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan bagian Akuntansi (Studi Kasus Pada Perusahaan manufaktur di Surabaya). The Indonesian Accounting Review. Volume 2, No. 2, Juli. Pages 215-228.

Nasri, Hasdin., Hasmin T., dan Ahmad Firman. 2018. Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, dan Pelatihan, terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Sekecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Mirai Management. Vol 3 No 1.

Nasrullah., Dwi Fitri P., dan Herawati. 2016. Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Auditor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat). Ejurnal bung hatta, Vol. 8, No. 1.

Nawawi, Hadari. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayuningsih, Sri. 2017. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Aquafarm Nusantara Semarang). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers Unisbank ke-3.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga,. Yogyakarta: STIE YPKN.

Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Yogyarta: Penerbit Graha Ilmu.

Suharyanto., E. Nugraha., dan H. Permana. 2015. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi QIP PT. Gsi Cianjur. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 2, Des 2014.

Werther, William B, dan Keith Davis, 2004, Human Resources and Personnel Management, Sixthth, McGraw-Hill, Inc, New York




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i3.344

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter