Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Brand Awareness, Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening

Ajeng Nada Nabilah, Nova Anggrainie

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi, brand awareness, brand image, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian Skincare Scarlett Whitening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian dan ingin melakukan pembelian, serta masyarakat umum yang mengetahui keberadaan Skincare Scaarlett Whitening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakaan data primer. Data primer tersebut diperoleh dari hasil kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 210 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji T, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi ke-25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh promosi, brand image dan celebrity endorser memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Skincare Scarlett Whitening. Namun pengaruh kualitas produk, harga, dan brand awareness tidak memiliki pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian Skincare Scarlett Whitening. Kemudian pengaruh kualitas produk, harga, promosi, brand awareness, brand image dan celebrity endorser berpengaruh secara simultan terhadap keputsan pembelian Skincare Scarlett Whitening.

 

Kata Kunci: Brand Awareness, Brand Image, Celebrity Endorser, Harga, Kualitas Produk

Abstract

This research aims to analyze the influence of product quality, price, promotion, brand awareness, brand image, and celebrity endorser on the purchasing decision of Skincare Scarlett Whitening. The population in this research were consumers who had made a purchase and wanted to purchase, as well as the general public who knew the existence of Skincare Scarlett Whitening. The method used in this research is a quantitative method using primary data. The primary data was obtained from the results of a questionnaire with a total sample of 210 respondents. The sampling technique in this research used a non-probability sampling method with a purposive sampling technique. The data analysis technique in this research uses validation test analysis, reliability test, normality test, T-test, F-test, and determines coefficient with the help of the 25th version of SPSS software. The results showed that the influence of promotion, brand image, and celebrity endorsers had a partial effect on the purchase decision of Skincare Scarlett Whitening. However, the effect of product quality, price, and brand awareness do not have partially influence the purchasing decision of Skincare Scarlett Whitening. Then the effect of product quality, price, promotion, brand awareness, brand image, and celebrity endorser simultaneously affects the decision to purchase Skincare Scarlett Whitening..

 

Keywords: Brand Awarenes; Brand Image; Celebrity Endorse; Price, Product Quality


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditi, B., & Hermansyur, H. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1743

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Billy Nugraha. (2022). Pengembangan Uji Statistik : Implementasi Metode Regresi Linier Berganda Dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. In M. A. Susanto (Ed.), Pradina Pustaka. Pradina Pustaka.

BPS. (2021). Statistik Indonesia (Statistical Yearbook of Indonesia) 2021 (D. D. Statistik (ed.)). Badan Pusat Statistik.

Budi Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). In Guepedia. Guepedia.

Duwila, Z., Supandi, A., & Ogi, I. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awareness, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 269–278. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37777

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Farida, N. (2022). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening pada Konsumen Kota Blitar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 15(1). https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v15i1.2336

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.

Henni, Pristiyono, & Nasution, S. L. (2022). Analisis Minat Beli Produk Scarlett Whitening Bagi Kaum Hawa Kota Rantauprapat. 11(1), 35–42. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.671

Hutagaol, R. S. R., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research, 1(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Joan, V. (2021). Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/

Joseph F. Hair Jr., William C. Black, Barry J. Babin, & Rolph E. Anderson. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Editio). Prentice Hall International. https://www.drnishikantjha.com/papersCollection/Multivariate Data Analysis.pdf

Julioe, R. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran Pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2 (13th ed.). Erlangga.

Listyani, R. H. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram ( Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @ mostbeautyindo , @ Bidadarisurga , dan @ papuan _ girl ) Dini Aprilita Program Studi S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Neg. Jurnal Paradigma, 4(3), 1–13.

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 62–70.

Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34831

Nurlestari, D. M., Hari, P., & Sidanti, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Konsumen Produk Scarlett Whitening Di Kota Madiun). Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 4(2022), 1–18.

Nurlitasanti, F., & Yoestini. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi, dan Celebrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). Diponogoro Journal of Management, 9(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. RELASI: Jurnal Ekonomi, 18(1), 192–204. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.531

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Putri, S. N., Syahrani, & Mayvita, P. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada CV Livi Beauty House Selvia (Issue Doctoral dissertation).

Risandi, I. A., Muryati, & Darma, B. (2021). Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Panen Kelapa Sawit pada PT. Pratama Agro Sawit Terusan. Jurnal Mahasiswa, 1(1), 78–90.

Saguni, S. S., & Baharman. (2016). Narasi Tentang Mitos Kecantikan Dan Tubuh Perempuan Dalam Sastra Indonesia Mutakhir: Studi Atas Karya-Karya Cerpenis Indonesia. Jurnal Retorika, 9(2), 142–148. https://ojs.unm.ac.id/retorika/article/view/3804

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality and satisfaction Penulis (4th ed.). CV Andi Offset. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R & D). In Bumi Aksara. Bumi Aksara. https://bumiaksaraonline.com/index.php?route=product/product&product_id=800

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan KualitasTerhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.231

ZAP Beauty Clinic, & Inc, M. (2021). ZAP Beauty Index 2021. PT. Zulu Alpha Papa. https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2021




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3597

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter